10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2023

Termasuk dream job lo enggak, Kawula Muda?

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia 2023 (UNSPLASH)
Fri, 09 Jun 2023

Kawula Muda, pekerjaan dengan gaji tinggi adalah impian semua orang dalam dunia kerja. Salah satu tujuan bekerja adalah untuk mendapatkan upah atau gaji tinggi.

Faktanya, hanya segelintir bidang karier yang mendapat gaji tinggi di Indonesia.

Melansir hasil survei dari situs pencari kerja dan komparasi gaji, Salary Explorer, terdapat 10 pekerjaan di Indonesia dengan gaji tertinggi 2023. 

Meski begitu, pekerjaan dengan gaji besar di Indonesia rata-rata memiliki risiko kerja yang cukup tinggi, sehingga Salary Explorer menilai hal tersebut sepadan dengan pendapatan yang didapat.

10 Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2023 ini (UNSPLASH)

Lantas profesi apa saja yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia? Simak di bawah ini.

1. Ahli Bedah atau Dokter (Rp 23 juta - Rp 68 Juta)

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2023 nomor satu ditempati oleh ahli bedah atau dokter. Melansir Salary Explorer, gaji rata-rata ahli bedah atau dokter di Indonesia berada di rentang Rp 23,9 hingga Rp 68,7 juta, Kawula Muda!

Dengan upah tinggi, profesi ahli bedah melibatkan risiko tinggi dan membutuhkan pengetahuan luas. Bukan hanya itu, pekerjaan ini juga memerlukan pembelajaran yang panjang dan lama.

2. Hakim (Rp 20 Juta - Rp 55,7 Juta)

Pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia selanjutnya adalah hakim.

Memiliki tanggung jawab yang besar, gaji sebagai seorang hakim di Indonesia berkisar antara Rp 20,1 hingga Rp 57,7 juta.

3. Pengacara (Rp 16,3 Juta - Rp 46,7 Juta)

Masih di bidang hukum, pengacara menjadi salah satu profesi dengan gaji tinggi di Indonesia tahun 2023. Rata-rata gaji pengacara di Indonesia adalah Rp 16,3 juta hingga Rp 46,7 juta, Kawula Muda! 

"Alasan utama pengacara mengumpulkan banyak duit karena nilai mereka di mata klien," tulis laman tersebut.

4. Manajer Bank (Rp 15,3 Juta - Rp 43,9 Juta)

Posisi Manajer Bank bisa dibilang cukup bergengsi di dunia keuangan. Manajer Bank bertanggung jawab atas ratusan juta dana dan investasi milik orang, menurut data Salary Explorer, profesi ini mampu memberikan gaji antara Rp 15,3 hingga Rp 43,9 juta di Indonesia.

5. Chief Executive Officer (Rp 14,4 Juta - Rp 41,2 Juta)

Salah satu jabatan tertinggi dan memiliki peran penting di perusahaan membuat gaji seorang Chief Executive Officer (CEO) cukup besar di Indonesia.

CEO juga secara langsung menentukan arah perusahaan dan mengambil keputusan penting. Gaji seorang CEO di Indonesia berkisar di angka Rp 14,4 hingga Rp 41,2 juta, Kawula Muda!

6. Chief Financial Officer (Rp 13,4 Juta - Rp 38,5 Juta)

Masih menjadi salah satu posisi penting di suatu perusahaan, Chief Financial Officer (CFO) memiliki peran untuk memastikan keuangan perusahaan tetap stabil, Kawula Muda.

Gaji CFO di Indonesia menurut Salary Explorer sendiri berada di rentang Rp 13,4 hingga Rp 38,5 juta per bulan.

7. Ortodontis (Rp 12,9 Juta - Rp 37,1 Juta)

Ortodontis adalah spesialisasi kedokteran gigi yang khusus mempelajari tentang estetika posisi gigi, rahang, dan wajah. Dokter gigi yang memiliki keahlian ini menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji yang tinggi di Indonesia

Berdasarkan survey, gaji seorang ortodontis di Indonesia berada di rentang Rp 12,9 hingga Rp 37,1 juta, Kawula Muda!

8. Profesor Perguruan Tinggi (Rp 11,5 Juta - Rp 33 Juta)

Salah satu jabatan yang memiliki gelar kehormatan di Indonesia ini tidak hanya memajukan pendidikan Indonesia dan memiliki perjalanan panjang, gaji seorang profesor perguruan tinggi juga masuk ke dalam jajaran gaji tertinggi di Indonesia.

Kisarannya berada di antara Rp 11,5 hingga Rp 33 juta, Kawula Muda!

9. Pilot (Rp 9,58 Juta - Rp 24,7 Juta)

Bertanggung jawab atas keselamatan ribuan orang di atas pesawat, tidak mengherankan jika gaji seorang pilot sangat tinggi, Kawula Muda. Berdasarkan survei, seorang pilot mengantongi gaji mulai Rp 9,58 juta hingga Rp 27,5 juta per bulan.

10. Direktur Marketing (Rp 8,62 Juta - Rp 24,7 Juta)

Secara tidak langsung, direktur marketing atau pemasaran bertanggung jawab untuk menghasilkan uang lewat meningkatkan pendapatan organisasi atau perusahaan.

Gaji seorang direktur marketing di Indonesia berada di kisaran Rp 8,62 juta hingga Rp 24,7 juta.

Kawula Muda, itulah profesi atau pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia paling tinggi di tahun 2023.

Berita Lainnya