10 Profesi Unik Pesepak Bola Setelah Pensiun, Bagian 1

Kawula Muda, menurut kalian profesi apa yang paling aneh buat mantan pemain bola?

(perusahaan kloagger/instagram @danielagger22)
Thu, 28 Oct 2021

Biasanya para pesepak bola setelah pensiun sebagai pemain profesional akan berkarier tak jauh dari sepak bola. Mulai menjadi pelatih, direktur teknik klub, atau menjadi pundit alias komentator.

Namun, ada beberapa mantan pesepak bola yang mengambil karier yang terbilang unik. Berikut beberapa profesi unik dari mantan pemain bola, bagian satu.

1. Tukang Kubur Jenazah

Profesi ini dijalani oleh Ray Wilson pemain timnas Inggris yang pernah meraih gelar juara dunia pada 1966. Selama kariernya, Wilson pernah bermain untuk Everton serta Oldham Athletic dan menempati posisi sebagai bek kiri. Awalnya, ia adalah seorang striker dan berubah jadi bek atas saran manager legendaris Liverpool, Bill Shankly yang kala itu menjadi manajer Huddersfield.

Saat pensiun pada 1971, Wilson membuka usaha penguburan jenazah di Huddersfield. Usaha ini ia jalankan hingga 1997.

2. Guru

Ben Burgess seorang pemain asal Irlandia yang berposisi sebagai striker ini dikenal publik saat ia bermain di Blackpool dan Hull City. Cedera lutut parah yang dialaminya harus mengakhiri kariernya. Akhirnya, Burgess memutuskan pensiun pada 2012.

Ia memilih menjadi guru karena ingin melanjutkan hidup di luar sepak bola. Baginya bisa membuat seorang murid mengerti dengan apa yang ia terangkan bagaikan mencetak gol, seperti yang diungkap pada BBC.

“Melihat anak-anak memahami apa yang sudah kujelaskan selama beberapa jam atau melihat mereka yang tak suka membaca lalu mengambil sebuah buku, membacanya, dan menjelaskan isi buku tersebut dengan penuh semangat, rasanya sama saja dengan mencetak gol," ungkap Ben.

(ben burgess /twitter @benkburgess)

 

3. Anggota boyband

Profesi sebagai anggota boyband pernah dijalani Morten Pedersen. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini memulai karier di klub Tromso. Namanya terangkat dan dikenal publik sepak bola ketika Graeme Souness menariknya ke Black Rovers. Pemain yang juga fans MU ini hampir membuat Alex Ferguson tertarik untuk merekrutnya.

Namun, siapa sangka ia pernah tergabung dalam boyband bernama The Players yang terdiri dari empat anggota yang semuanya adalah pemain bola. Boyband itu dibentuk oleh pemerintah Norwegia untuk kampanye progam memberantas kejahatan.

(morten pedersen /twitter @sportbible)

 

4. Perancang busana

Profesi ini dijalani oleh Andrei Arshavin, pemain asal Rusia yang memiliki caps 75 bersama timnas beruang merah. Nama Arshavin mulai dikenal saat berkostum Arsenal. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini mengakhiri karier sepak bolanya pada 2018 lalu di klub FC Kairat Kazakhstan.

Setelah pensiun Arshavin kabarnya menjadi seorang perancang busana dan memiliki lini pakaian sendiri.

(andrei arshavin /twitter @squawka)

 

5. Sedot WC

Profesi unik juga dijalani oleh mantan pemain Liverpool asal Denmark, Daniel Agger. Setelah delapan tahun berkostum The Reds. Agger kembali ke klub asalnya Brondby dan pensiun pada 2016 saat berusia 31 tahun.

Setelah pensiun, bek tengah yang terkenal dengan tato bertuliskan "YNWA" di jarinya ini segera mendirikan tiga usaha yakni studio tato, toko pakaian anak-anak, dan startup sedot WC bernama KLOAGGER. Armada sedot WC milik Agger menggunakan teknologi canggih dan berbasis aplikasi.

(perusahaan kloagger/instagram @danielagger22)

 

 

Berita Lainnya