3 Jenis Suara Pria: Ada Tenor, Bariton dan Bass, Kenali Jenis Suara Lo

Lo termasuk jenis suara apa Kawula Muda?

Male Shout (UNSPLASH/timothy dykes)
Wed, 05 Jul 2023

Kawula Muda, kita sebagai manusia baik perempuan maupun laki-laki, memiliki suara yang berbeda-beda, bahkan terdapat 3 jenis suara di masing-masing gender.

Sering kali kita mendengar suara laki-laki, terlebih seorang penyanyi dengan model suara yang berbeda-beda. Ada yang berat sampai cempreng.

Berdasarkan 3 macam jenis suara tersebut meliputi sebagai berikut.

Male Singer (UNSPLASH/corey agopian)

 

Tenor

Bagi laki-laki yang memiliki suara tenor ini, merupakan suara yang paling tinggi atau banyak yang menyebutnya suara cempreng.

Kata Tenor ini, berasal dari bahasa latin Tenere yang artinya menahan. tenor ini menjadi suara dasar yang dijadikan sebagai acuan dalam menentukan suara yang lainnya.

Suara ini biasanya memiliki watak suara yang bertenaga, jantan, dan berenergi. Suara tenor ini berada 1 oktaf di bawah suara sopran (suara tertinggi perempuan). tenor ini masuk di antara nada C3 (nada C 1 oktaf di atas nada C natural) sampai nada A4 (nada A di atas nada C tengah) dalam paduan suara. Dan bisa mencapai nada C5 untuk penyanyi solo.

Biasanya, suara ini dimiliki oleh penyanyi musik rock maupun pop seperti, Freddy Mercury, Ari lasso dan Once.

Bariton

Suara ini, merupakan suara yang sering digunakan secara umum oleh semua laki-laki. 

Bariton ini merujuk pada kata yang berasal dari Yunani, βαρυτονος yang artinya suara dalam. Biasanya suara ini bisa mencapai nada A kedua di bawah nada C (A2) tengah hingga ke nada F di atas nada C tengah sampai F4. Nadanya pun tergantung pada keadaan.

Contoh penyanyi yang memiliki suara bariton ini dimiliki dan digunakan oleh Sammy Simorangkir dan penyanyi Korea, V BTS.

Bass

Suara bass ini, merupakan kata dari bahasa Latin Bassus yang artinya pendek atau rendah. Jika tenor adalah nada tinggi maka, bass merupakan nada yang paling rendah untuk suara pria.

Suara paling rendah bagi pria ini memiliki jangkauan suara dari nada E2 hingga nada E4. Jika dalam music orchestra atau paduan suara, dituliskan jenis suara bass dengan menggunakan bass cleff atau kunci F.

Sedangkan pada nada paling rendah, jenis suara Bass ini berada di kunci nada C2 hingga G4. maka dari itu, Bass sendiri memiliki turunannya lagi seperti, Bass Profando (suara yang bertenaga), Bass Cantante (suara ringan), Bass Buffo (suara yang digunakan di opera komik), dan Bass Baritone (suara yang kuat).

Contoh penyanyi yang memiliki suara bass ini seperti, Chanyeol EXO dan Bebi Romeo.

Kawula Muda, itulah macam-macam suara pada laki-laki, kalau lo sendiri tipe suaranya apa?

Berita Lainnya