14 Jenis-Jenis Genre Musik, Ketahui Perbedaannya di Sini

Lo setuju enggak kalau musik adalah salah satu hal yang sangat penting?

Jenis-jenis genre musik yang harus lo tahu (UNSPLASH)
Mon, 22 May 2023

Musik menjadi sebuah budaya yang sangat melekat dengan manusia. Tidak jarang, banyak orang mengatakan jika musik menjadi lambang dari suasana hati manusia, Kawula Muda.

Musik yang menjadi bagian kehidupan juga memiliki banyak manfaat bagi para penikmatnya, loh, seperti memperbaiki suasana hati sampai membuat semangat dalam menjalani hari.

Faktanya, setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda, Kawula Muda.

Untuk lo penikmat musik, simak jenis-jenis genre musik yang harus lo ketahui di bawah ini!

Jenis-jenis genre musik yang harus lo tahu (UNSPLASH)

1. Klasik

Musik klasik diartikan sebagai jenis musik yang intelektual dan indah. Dapat dikatakan, musik klasik bisa membawa ketenangan bagi para pendengarnya. Sebab, musik ini umumnya dimainkan dengan alat musik piano, cello, biola, dan lainnya.

Contoh musik klasik yang melegenda hingga saat ini adalah musik klasik karya Mozart, Beethoven, dan Chopin.

2. Jazz

Meski tidak ada penelitian yang mengungkapkan dari mana asal kata ‘jazz’, musik jazz sendiri berasal dari komunitas Afrika-Amerika di New Orleans, Louisiana. Musik ini dikenal dengan ekspresi yang khas dari chord yang kompleks, swing, dan blue note (nada yang dimainkan sedikit melenceng dari nada standar). Dalam perkembangannya, musik jazz juga memiliki banyak sub genre di bawahnya. Sekiranya ada 40 sub genre Jazz meliputi Bop, Swing, Vocal Jazz, Cool Jazz, World Fusion dan Funk.

3. Blues

Genre musik blues merupakan aliran yang berasal dari Amerika Serikat. Musik blues dikatakan muncul dari musik pujian dan spiritual. Hal ini mengingat penggunaan pola call and response yang kerap ditemukan di lirik musik blues. Pola call and response sendiri dianggap sebagai ‘jawaban’ atas ‘pertanyaan’ di lirik.

Saat ini, musik blues juga menjadi media untuk menyampaikan bentuk protes untuk hak-hak kemanusiaan.

4. Pop

Jenis musik pop menjadi salah satu genre yang paling digemari oleh banyak orang. Pasalnya, jenis musik ini memiliki nada dan lirik yang sederhana. Tidak hanya itu, musik pop juga dikatakan lebih mudah dipahami dan mudah untuk dinyanyikan. 

Pop juga diiringi dengan alat musik yang umum ditemui seperti gitar, drum, keyboard dan bass.

5. Country

Musik yang memiliki nada ceria dan pembawaan yang santai serta ringan. Musik ini identik dengan suara petikan gitar. Salah satu musisi populer yang menggunakan genre country adalah Taylor Swift. Lirik lagu Country kebanyakan mengisahkan cerita tentang sesuatu hal yang ingin disampaikan oleh penyanyinya, Kawula Muda.

6. Dance

Secara umum, musik ini memang diciptakan untuk mengiringi orang-orang berdansa dan menari, Kawula Muda. Musik dengan genre ini juga bisa mengandung unsur funk, soul, pop, dan salsa. Tidak hanya itu, seiring perkembangannya, musik dance juga memiliki berapa aliran, seperti electronic dance music (EDM) yang memiliki pola upbeat dengan berbagai sub genre EDM di bawahnya. 

7. Reggae

Kawula Muda, Bob Marley dikatakan sebagai salah satu musisi yang memiliki genre reggae. Musik reggae berasal dari Jamaika dan biasanya menyampaikan pesan perdamaian, persamaan derajat, dan keseimbangan alam. Reggae berdasar pada aksen pada sinkopasi atau off-beat untuk ciri khas dengan gaya musik ritmis, hal ini disebut dengan skank (yang kini dikenal dengan Skanking atau gaya menari dalam musik Ska dan Reggae). Tempo musik reggae ini biasanya lebih lambat. 

8. R&B

R&B merupakan singkatan dari Rhythm and Blues. Musik R&B sendiri merupakan gabungan dari beberapa genre musik lainnya. Pada awalnya, musik ini dikenalkan oleh pemusik yang berasal dari Afrika-Amerika.

Saat ini, salah satu penyanyi populer yang menggunakan genre ini adalah SZA.

9. Rap

Genre musik rap identik dengan teknik vokal yang cepat. Penyanyi dengan genre musik ini dikenal dengan sebutan rapper.

10. Dangdut

Musik yang berkembang di Tanah Air ini menjadi salah satu jenis musik yang tidak boleh dilewatkan. Banyak dipengaruhi oleh musik Melayu dan India, musik dangdut biasanya identik dengan suara kendang yang menarik dan lirik yang mudah menggambarkan kehidupan yang sedang terjadi.

11. Balada

Musik balada biasanya diartikan sebagai jenis musik yang mengalun lambat dan sebagai besar membicarakan percintaan. Musik balada juga dikenal dengan lirik yang puitis dan menyentuh hati.

12. Rock

Dikatakan sebagai musik yang ‘berisik’, musik rock identik dengan iringan gitarnya yang menggelegar, Kawula Muda. Musik rock dinilai bisa membangkitkan semangat pendengarnya meski terkadang tak jarang pula lirik dari musik ini terkesan galau dalam musik yang keras. 

13. Metal

Musik metal memiliki aliran suara lebih distorsi dan berkarakter lebih keras dibandingkan musik rock. Metal juga memiliki ciri khas agresif, baik dalam pembawaan musik maupun lirik dari musiknya. Banyak distorsi gitar dan ketukan drum yang cepat di dalamnya.

14. Hip Hop

Jenis musik hip hop memiliki penggemar yang tidak sedikit loh, Kawula Muda. Musik yang berkembang di wilayah timur Amerika ini memiliki gaya yang khas. Mulai dari adanya elemen beatboxing dan turntable. Tidak hanya memengaruhi dunia musik, hip hop juga sukses memengaruhi budaya breakdancing, graffiti, dan style dalam pakaian.

Kawula Muda, sebenarnya masih banyak jenis-jenis genre musik yang lahir dari genre musik yang sudah ada sejak lama. Genre musik apa yang paling lo suka?

Berita Lainnya