7 Penyanyi Wanita dengan Suara Tertinggi di Dunia, Mariah Carey Nomor 1

Kira-kira siapa saja, ya?

Variety.com
Tue, 04 Jul 2023

Setiap penyanyi terkenal di dunia tentu memiliki ciri khas unik yang membedakan mereka dengan lainnya.

Sebut saja suara paling tinggi atau jangkauan oktaf yang bisa diraih seorang penyanyi. Sebab, tidak semua orang memiliki kelebihan untuk menyanyi dengan suara tinggi. 

Deretan penyanyi wanita di bawah ini masuk ke dalam kategori penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia.

Kemampuan para penyanyi wanita di bawah ini untuk mencapai suara tinggi membuat nama-nama mereka menjadi fenomenal, bahkan legendaris.

Siapa saja penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia? Simak daftarnya di bawah ini!

7. Rihanna (3 Oktaf)

Rihanna, salah satu penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia (GETTY IMAGES)

 

Kawula Muda, jenis suara Rihanna sebenarnya masuk ke dalam jenis mezzo-sopran yang jangkauannya meluas dari B2 ke C6. Hal ini terungkap saat Rihanna tengah merekam lagu-lagu untuk album studio ketiganya, Good Girl Gone Bad.

Rihanna menjadi salah satu penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia. Suaranya bahkan bisa mencapai 3 oktaf, Kawula Muda!

6. Whitney Houston (3 Oktaf)

Daftar penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia, jangkauan oktafnya bikin geleng-geleng (GETTY IMAGES)

Penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia selanjutnya adalah Whitney Houston. Penyanyi dengan lagu legendarisnya yang berjudul “I Will Always Love You” ini memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menentukan oktaf yang ingin ia capai. 

Hebatnya, Whitney bisa menjangkau vokal tiga oktaf namun tetap bisa ‘menyelami’ nada bawah yang lembut. Kehebatan Whitney untuk berpindah dari satu nada rendah ke tinggi diakui sangat jernih dan sangat presisi.

5. Sia (3 Oktaf)

Penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia, Sia (GETTY IMAGES)

Suara yang dimiliki oleh Sia diketahui sangat kuat dan bisa mencapai nada tinggi, hingga mencapai tiga oktaf, Kawula Muda! Suara Sia yang kuat bahkan bisa membuat para pendengarnya lupa, seberapa tinggi nada yang dapat Sia capai.

Suaranya yang unik dan khas ditambah penampilannya yang nyentrik, membuat Sia menjadi salah satu penyanyi populer saat ini.

4. Celine Dion (4 Oktaf)

Celin Dion, penyanyi wanita dengan jangkauan oktaf tertinggi di dunia (TODAY)

Dikatakan sebagai salah satu penyanyi terhebat di dunia, Celine Dion bisa mencapai vokal empat oktaf saat menyanyi, Kawula Muda. Tidak hanya itu, Celine Dion bahkan bisa mencapai nada tinggi dengan baik saat ia menyanyi dengan bahasa Inggris maupun Prancis!

Siapa yang suka dengan Celine Dion, penyanyi di balik soundtrack film Titanic yang luar biasa?

3. Ariana Grande (4 Oktaf)

Ariana Grande, salah satu penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia (GETTY IMAGES)

Salah satu penyanyi muda yang menjadi idola anak muda masa kini, Ariana Grande, menjadi salah satu penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia.

Kawula Muda mungkin akan selalu teringat dengan lengkingan suara Ariana Grande yang dapat mencapai 4 oktaf, loh.

Sebut saja lagu “Problem”, “Break Free”, dan “Bang Bang”. Beberapa lagu dengan ‘teriakan’ Ariana yang khas tersebut disebut brilian, sebab Ariana bisa menyanyikan nada tinggi meski lagu yang ia bawakan memiliki beat yang cukup cepat.

Disebutkan oleh beberapa sumber, suara yang dihasilkan oleh Ariana cukup sulit, loh. Pita suara harus tegang dan bergetar dengan cepat untuk menghasilkan nada-nada yang lo dengar dari suara Ariana.

Ariana Grande bahkan dikatakan dapat menggunakan jenis suara tinggi ini dengan efektif.

2. Christina Aguilera (4 Oktaf)

Ini deretan penyanyi wanita dengan jangkauan suara tertinggi di dunia (CLASSIC FM)

Kawula Muda, Christina Aguilera memiliki jangkauan vokal empat oktaf dengan suara yang kuat. Tidak hanya kuat dan mampu mencapai nada tinggi, Christina bahkan bisa membawakan beberapa genre lagu dengan suara tersebut, loh.

1. Mariah Carey (5 Oktaf)

Mariah Carey, penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia (GETTY IMAGES)

Penyanyi dengan suara tertinggi di dunia dipegang oleh Mariah Carey dengan jangkauan 5 oktaf. Suara Mariah yang dikatakan bak peluit ini memiliki teknik vokal yang luar biasa. Pasalnya, Mariah Carey bisa bernyanyi dengan suara dada dan kepala dengan sangat baik, Kawula Muda.

Lo bisa mendengarkan suara emas Mariah Carey lewat lagu “Emotions”.

Kawula Muda, itulah daftar penyanyi wanita dengan suara tertinggi di dunia. Siapa penyanyi wanita di atas yang menjadi favorit lo?

Berita Lainnya