5 Alasan Kenapa Introvert Irit Bicara, Kamu Punya Salah Satunya?

Hai Kawula Muda, kamu termasuk introvert atau ekstrovert nih?

Ilustrasi orang introvert. (FREEPIK)
Tue, 16 Aug 2022


Orang dengan kepribadian introvert sering terlihat sebagai orang yang tidak suka berbicara dengan orang lain, terutama dengan orang asing.

Beberapa orang bahkan beranggapan orang introvert tidak ramah, pemalu, dan sulit diajak berkomunikasi. Padahal sebenarnya tidak demikian.

Carl Gustav Jung (1921), seorang psikolog yang mengembangkan konsep psikologi analitik menyebutkan, introvert adalah orang yang mendapatkan energi psikis dari “dalam” atau lebih cenderung pada aktivitas berpikir.

Jadi apa sebenarnya alasan para introvert ini irit bicara? Berikut beberapa alasannya.

1. Sering berpikir

Introvert sering melakukan hal yang disebut oleh Carl Jung sebagai thoughtful activities.

Orang introvert sangat menikmati kegiatan mengamati, mempelajari suasana, dan mengobservasi orang lain. Bagi mereka, pembicaraan mungkin akan mengganggu waktu mereka untuk berpikir.

2. Suka ketenangan

Karena suka berpikir, maka orang introvert membutuhkan ketenangan. Orang introvert cenderung butuh waktu untuk introspeksi yang digunakan untuk memahami dan menerapkan makna dunia.

Jadi, ketika introvert diam bukan berarti mereka membencimu. Mereka hanya suka ketenangan untuk menenggelamkan diri mereka dalam pikiran mereka sendiri.

3. Orang yang tertutup

Orang introvert bukan berarti orang yang tidak bisa terbuka. Mereka adalah orang yang lebih menyukai hubungan intim dengan orang-orang terdekat. Ketika memiliki hubungan dekat dengan orang lain, introvert akan mengungkapkan diri mereka yang sebenarnya.

Namun, berbeda jika introvert belum mempercayai orang lain atau tidak merasa dekat. Mereka akan cenderung tertutup dan jarang mengekspresikan diri. Bahkan, terkadang mereka sangat menjaga ucapan mereka.

4. Bicara seperlunya

Orang introvert hanya bicara ketika merasa pembicaraan itu penting bagi mereka. Mereka lebih nyaman jika pembicaraan mereka lebih beresensi dan bermakna. Karenanya, mereka akan berpikir ratusan kali terlebih dahulu sebelum membuka suara.

Jadi, introvert memang menginginkan interaksi manusia pada waktu-waktu tertentu, mereka juga lebih suka mengamati orang-orang di sekitarnya.

5. Energi mudah terkuras

Orang introvert mudah merasa lelah ketika harus terlalu sering berada di luar, seperti di pesta, pertemuan kelompok, maupun percakapan sosial.

Mereka butuh waktu untuk mengisi ulang tenaga mereka lewat menyendiri. Itulah mengapa dalam interaksi sosial mereka tidak banyak bicara.

Bagaimana kawula muda, bila melihat poin-poin di atas, apakah kamu termasuk orang introvert?

Pada dasarnya, introvert ataupun ekstrovert keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan bahkan bisa saling melengkapi satu sama lain. Jadi, yang diperlukan adalah saling menghormati ciri khas yang dimiliki masing-masing dan tidak memaksakan sesuatu pada orang lain.

Berita Lainnya