5 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita dengan Mudah

Memiliki perut buncit adalah permasalahan aneh bagi sebagian orang nih, Kawula Muda!

Ilustrasi lemak perut. (ISTOCKPHOTO)
Wed, 04 May 2022

Perut buncit dapat memiliki oleh siapa saja termasuk wanita. Namun jangan abaikan perut buncit kamu!

Kondisi perut yang membuncit dapat mengganggu aktivitas dan meningkatkan risiko penyakit metabolik. Hal ini juga yang membuat perut buncit muncul karena sejumlah penyebab.

Seperti malas berolahraga, gemar konsumsi makanan olahan dan junk food, kurang tidur, konsumsi alkohol tinggi, stres berlebihan, hormon seks, serta bertambahnya usia. Berikut ini ada sejumlah cara mengecilkan perut buncit pada wanita, simak penjelasannya!

1. Olahraga

Ilustrasi olahraga. (ISTOCKPHOTO)

 

Olahraga teratur atau melakukan latihan yang fokusnya pada perut bisa membantu mengurangi penumpukan lemak penyebab buncit.

Menurut pelatihan, olahraga dapat membakar kelebihan lemak perut sekaligus menurunkan berat badan.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan yaitu latihan aerobic, berjalan kaki, berlari, dan berenang. Jenis olahraga ini dapat mengurangi lemak pada perut.

2. Batasi asupan gula

Ilustrasi makanan manis. (ISTOCKPHOTO)

 

Makanan dan minuman manis tinggi gula yang dikonsumsi berlebihan dapat memicu perut menjadi buncit karena mempengaruhi metabolisme tubuh.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kelebihan gula atau fruktosa dalam jumlah besar, menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut dan hati.

Berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan RI, batas asupan gula seseorang per hari yaitu 10 persen dari total kalori atau setara 4 sendok makan (50 gram).

3. Konsumsi protein

Ilustrasi makanan mengandung protein

 

Mengonsumsi makanan tinggi protein termasuk salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

Makanan berprotein umumnya dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Konsumsi makanan tinggi protein juga membantu kamu makan lebih sedikit kalori per hari.

Sebuah studi menunjukkan protein dikaitkan dengan kemungkinan pengurangan lemak perut secara signifikan pada wanita dalam kurun waktu tertentu.

4. Konsumsi serat

Ilustrasi makanan berserat. (ISTOCKPHOTO)

 

Makanan kaya akan serat seperti buah dan sayuran hijau, mudah dicerna oleh tubuh sekaligus membantu menekan rasa lapar.

Memperbanyak asupan tinggi serat ini dapat menghindari kamu dari kebiasaan makan-makanan camilan yang bisa menyumbang lemak penyebab perut buncit.

Hasil tinjauan studi melaporkan, mengonsumsi 14 gram serat per hari dikaitkan pada penurunan 10 persen kalori dan penurunan berat sekitar 42 kg selama 4 bulan.

5. Mengatasi stres

Ilustrasi stress. (ISTOCKPHOTO)

 

Cerdas dalam mengelola stress dengan baik merupakan bagian dari cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

Jika kamu tidak pandai meminimalisasi tingkat stres, sering kali bakal berdampak terhadap nafsu makan yang tidak terkendali.

Untuk menghindari stres, pastikan kamu mendapat istirahat yang cukup, perbanyak aktivitas di luar ruangan yang menyenangkan, atau melakukan meditasi.

Jadi itu Kawula Muda, cara mengecilkan perut buncit pada wanita. Semoga membantu ya!

Berita Lainnya