5 Kota Terbersih di Dunia

Kawula Muda, ada yang sudah berkunjung ke kota-kota berikut ini? Apa kesan kalian saat berada di sana?

Kota Adelaide, Australia. (INSTAGRAM/CITY OF ADELAIDE)
Mon, 17 Aug 2020

Ada yang berniat akan segera “mempekerjakan” paspor lagi untuk jalan-jalan ke luar negeri setelah pandemi berakhir? Yuk!

Tetapi, setelah berbulan-bulan hanya berdiam diri di rumah, tidak elok rasanya jika sekalinya jalan-jalan ternyata kota yang dikunjungi kotor, macet, dan sumpek.

Supaya bujet liburan tidak terbuang percuma, ini dia referensi 5 kota terbersih di dunia yang bisa kalian kunjungi.

1. Calgary, Kanada

Kota yang terletak di Provinsi Alberta ini langganan menduduki urutan teratas sebagai kota terbersih di dunia.  Sistem pembuangan limbah, daur ulang sampah, air bersih, hingga kualitas udara dikelola dengan sangat baik di sana.

Saat jalan-jalan di kota ini, jangan sekali-kali iseng buang sampah sembarangan ya. Membuang satu puntung rokok saja, bisa dikenakan denda seribu dolar! 

2. Zurich, Swiss

Kota Zurich, Swiss. (FREEPIK.COM)

 

Kota terbersih berikutnya adalah Zurich. Meski kota terbesar di Swiss ini kedatangan ribuan turis asing setiap tahunnya, tidak membuat mereka kewalahan.

Setiap sudut kota Zurich tetap kinclong, bersih, dan rapi jali, berkat manajemen pengolahan sampah yang efektif. Hasil dari daur ulang sampah pun digunakan kembali untuk kebutuhan energi yang bisa dimanfaatkan oleh penduduk kota.

3. Luxembourg City, Luxemboug

Kota Luxembourg, Luxembourg. (FREEPIK.COM)

 

Sebagai salah satu negara terkecil di Eropa, Luxembourg terkenal mampu mendisiplinkan penduduknya dalam hal menjaga kebersihan.

Hanya seluas separuh pulau Bali, pajak kendaraan di Luxembourg juga sangat tinggi yang memaksa penduduknya bergantung hanya pada transportasi publik. Ini membuat Luxembourg tidak hanya bersih, namun juga menjadi kota dengan kualitas udara terbersih di dunia.

4. Adelaide, Australia

Kota Adelaide, Australia. (INSTAGRAM/CITY OF ADELAIDE)

 

Tidak melulu di Eropa, Benua Australia juga menyumbang satu kotanya di deretan atas kota terbersih di dunia.

Kota Adelaide yang terletak di di bagian selatan Australia memiliki sistem daur ulang sampah yang luar biasa, yang mampu mendaur ulang lebih dari 85% sampah yang dihasilkan oleh kota tersebut.

Hampir mirip dengan Luxembourg, pembatasan penggunaan kendaraan bermotor diberlakukan di kota ini demi menjaga agar kualitas udara tetap bersih dari polusi.

5. Singapura, Singapura

Kota Singapura, Singapura. (INSTAGRAM/VISITSINGAPORE)

 

Akhirnya, kota terbersih di Asia diwakili oleh Singapura. Negara terkecil di kawasan Asia Tenggara ini dikenal karena aturan-arurannya yang sangat ketat dalam urusan kebersihan.

Sejumlah kamera CCTV disebar di tempat-tempat umum demi mengawasi pergerakan siapa pun. Menurut informasi dari www.travelsingapore.com, jangankan membuang sampah, meludah sembarangan saja, denda 1.000 SGD siap menanti kalian!

Mempertimbangkan luas, jumlah penduduk, dan demografinya, kira-kira harus menunggu berapa lama lagi sampai Jakarta masuk daftar kota terbersih di dunia ya?

Berita Lainnya