Ini 5 Sajian Mi Enak yang Terdapat di Indonesia

Kawula Muda, buat kalian yang suka mi, jangan makan mi goreng terus! Cobain yang lain nih.

Soto mi. (INSTAGRAM/SOTO MIE SAWAH LIO)
Thu, 13 Aug 2020

Memang tidak akan pernah ada habisnya membahas kuliner khas Indonesia. Ada banyak sekali sajian dengan tampilan menggoda dan rasa luar biasa.

Kali ini, kita akan membahas soal aneka hidangan dari mi, yang harus masuk dalam daftar makanan untuk kalian coba. Kita mulai yuk.

1. Mi Aceh

Mi Aceh. (INSTAGRAM/MIE ACEH SEULAWAH)

 

Mi Aceh adalah mi kuning yang ditumis dengan berbagai bumbu rempah yang kuat khas ala kuliner Pulau Sumatra.

Sebagai pelengkap, mi Aceh wajib ditambah dengan udang, cumi, daging, atau kepiting yang diiris kecil-kecil lalu ditaruh diatasnya. Untuk sentuhan terakhir, jangan lupa acar, emping, jeruk nipis, dan tentu bawang goreng.

Mi Aceh bisa disajikan dalam dua pilihan, yakni goreng dan rebus.

2. Mi ayam

Mi ayam. (INSTAGRAM/BAWANG GORENG (BAGOR) HOMEMADE)

 

Mi ayam atau singkatan dari bakmi ayam merupakan makanan khas Indonesia yang terinspirasi dari makanan China Selatan. Karena rasanya yang enak dan harganya yang relatif murah, mi ayam menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Cita rasa rebusan mi kuning yang dicampur dengan saus kecap khusus serta ayam dan sayuran memang lezat untuk disantap setiap waktu.

3. Soto mi

Soto mi. (INSTAGRAM/SAJIANSEDAP.COM)

 

Kuliner khas Bogor yang satu ini wajib dicicipi oleh para pencinta mi! Hidangan yang satu ini terbuat dari mi kuning yang dicampur dengan kuah soto, bihun, kentang, tomat, lobak, risol, kikil, dan tentunya daging sapi. Super lengkap!

4. Mi koba

Mi koba. (INSTAGRAM/MIE KOBA)

 

Meskipun berasal dari Bangka, mi koba memiliki bentuk dan cita rasa yang berbeda dari mi bangka dan mi lainnya.

Kuah mi koba berwarna coklat kental yang didapat dari campuran ikan tenggiri, bumbu rempah, dan gula merah. Mi koba disajikan dengan telur rebus, seledri, dan bawang goreng di atasnya.

5. Mi lendir

Mi lendir. (INSTAGRAM/AYU MITHA)

 

Eits,  Jangan kaget dulu dengar namanya! Kuliner khas Kepulauan Riau ini punya cita rasa yang enak dan unik banget loh!

Mi lender terdiri dari mi kuning yang disajikan dengan kuah kacang, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Lezat banget!

Selain lima daftar sajian mi di atas, masih banyak lagi jenis mi yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Jadi lapar ya ngebayanginnya!

Berita Lainnya