5 Tradisi Unik Hari Raya Idul Adha di Berbagai Negara, Ada Merias Unta

Selamat merayakan Idul Adha 1444 Hijriah, Kawula Muda

Hari Raya Idul Adha (iStock)
Thu, 29 Jun 2023

Umat Islam di seluruh dunia tengah merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Sebagai salah satu negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia, Indonesia menjalani tradisi pemotongan hewan kurban dan libur nasional serentak untuk memperingati Idul Adha bersama keluarga.

Biasanya, setelah pemotongan kurban di pagi hari, daging hewan yang sudah dibersihkan akan diolah menjadi makanan seperti sate pada malam hari dan dimakan bersama kerabat dekat.

Selain itu, banyak tradisi yang dilakukan oleh umat Muslim di berbagai daerah seperti Grebeg Gunungan di Yogyakarta, Meugang di Aceh dan Apitan di Semarang.

Di samping itu, berbeda dari umat Muslim di Indonesia yang memiliki tradisi Hari Idul Adha di masing-masing daerah, di luar negeri pun memiliki berbagai tradisi sendiri yang unik dan menarik.

Berikut adalah 5 Tradisi Unik Idul Adha di berbagai negara yang sudah Prambors rangkum dari berbagai sumber.

1. Arab Saudi Menyembelih Unta

Tradisi Unik Berbagai Negara Merayakan Idul Adha, Arab Saudi Kurban Unta (Getty Images/iStockphoto/Pavliha)


Hampir sama dengan Indonesia, Arab Saudi juga memiliki libur yang panjang untuk memperingati Hari Idul Adha. 

Masyarakat di sana umum menjadikan unta sebagai hewan kurban. Terkesan unik ya, Kawula Muda, karena di Indonesia sendiri pada umumnya hewan yang dijadikan kurban adalah kambing dan sapi.

2. Mesir Penuh dengan Darah Kurban

Tradisi Unik Berbagai Negara Merayakan Idul Adha, Pasar Daging di Kairo Mesir (KHALED DESOUKI/AFP via Getty Images, Middle East Monitor)

 

Dilansir dari Daily News Egypt, jalanan di Kairo, Mesir, yang berlumuran darah dari hewan ternak menjelang Idul Adha adalah pemandangan yang biasa. Bahkan, hampir tidak mungkin menghindari dari pemandangan darah hewan dan tukang daging yang berlumur darah serta siap dengan sederet jenis pisau dengan ukuran berbeda di saku mereka.

3. Pakistan Merias Hewan sebelum Disembelih

Tradisi Unik Berbagai Negara Merayakan Idul Adha, Pakistan Merias Hewan (Al Arabiya)

 

Tradisi unik umat Islam di Pakistan akan memandikan dan merias hewan kurban mereka sebelum disembelih. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hewan kurban serta menghormati Nabi Ibrahim AS.

4. Kosovo Gunakan Pakaian Tradisional

Tradisi Unik Berbagai Negara Merayakan Idul Adha, Anak di Kosovo Gunakan Pakaian Tradisional Albanian (Discover Kosovo Tumblr)


Hari Raya Idul Adha di Kosovo dikenal dengan nama Kurban Bajramit. Selama perayaan tersebut, anak-anak di Kosovo menggunakan pakaian tradisional berwarna cerah dan kopiah warna-warni.

5. Bangladesh Berpesta 40 Hari

Tradisi Unik Berbagai Negara Merayakan Idul Adha, Bangladesh (VOA Indonesia, AP Photo/Mahmud Hossain Opu)

 

Dilansir dari Kompas, Bangladesh jadi negara yang merayakan Hari Raya Idul Adha selama 40 hari lamanya. 

Warga Bangladesh akan merayakan Idul Adha bersama keluarga dan tak jarang pula perayaan ini jadi momentum pulang kampung di negara mereka.

Itulah berbagai tradisi unik yang dijalani berbagai negara di dunia, Kawula Muda. Idul Adha tahun ini lo rayakan dengan masak daging apa?

Berita Lainnya