6 Kisah Mistis Misteri Gunung di Indonesia yang Belum Terpecahkan

Kawula Muda ada yang pernah ke sini...?

Daftar gunung di Indonesia yang punya kisah misteri dan masih belum bisa terpecahkan (WIKIPEDIA)
Thu, 15 Jun 2023

Pemandangan indah Gunung banyak digandrungi oleh orang, terutama untuk para pemilik hobi mendaki untuk menikmati suasana dingin pegunungan.

Gunung di Indonesia pun banyak dan memiliki pemandangan indah dengan sudut-sudut yang berbeda. Di kalangan pendaki, beberapa gunung di Tanah Air pun memiliki legenda sendiri yang masih belum terpecahkan dan penuh misteri.

Kawula Muda, berikut adalah enam gunung di Indonesia yang memiliki kisah misteri dan masih belum bisa terpecahkan, melansir dari berbagai sumber.

Daftar gunung di Indonesia yang punya kisah misteri dan masih belum bisa terpecahkan (INDOZONE)

1. Gunung Bromo

Pertama ada gunung Bromo yang merupakan ikon pariwisata di Jawa Timur. Gunung ini memiliki kisah mistis karena dianggap menjadi area kerajaan gaib.

Gunung Bromo dianggap sebagai tempatnya dewa-dewi ajaran Hindu, seperti Dewa Brahma, Dewa Siwa, Dewa Wisnu, dan para punggawanya.

Menurut cerita para pendaki, banyak yang mengalami fenomena aneh seperti diikuti seseorang, mendengar suara, melihat bayangan aneh dan lain-lain.

2. Gunung Slamet

Di Gunung Slamet terdapat Pos Samarantu yang merupakan tempat peristirahatan jalur pendakian Gunung Slamet di urutan keempat. Rumornya, Pos Samarantu yang ditandai dua pohon besar sejajar seperti pintu dipercaya sebagian orang sebagai pintu masuk ke dunia lain.

Para pendaki diimbau untuk tidak mendirikan tenda atau beristirahat di pos ini. Pasalnya, Pos Samarantu disebut sebagai pos terangker yang memiliki banyak penunggu dari kalangan jin.

Nama Samarantu adalah hantu tersamar atau tidak terlihat jelas yang menjadikan suasana semakin seram.

3. Gunung Merapi

Berikutnya adalah Gunung Merapi yang juga disebut paling penuh misteri, nih Kawula Muda. Gunung ini juga menyimpan legenda dan cerita mistis.

Beberapa menyebut ada hewan gaib seperti macan putih, ular besar, dan lainnya kerap membuat orang yang mendaki harus berlari untuk menghindarnya.

4. Gunung Tangkuban Perahu

Terletak di Jawa Barat, Gunung Tangkuban Perahu disebut ada sosok wanita misterius pencari selendang dan manusia berpakaian hitam.

Apalagi di kawasan hutan yang temperatur udaranya kerap menjadi dingin dan datang suara aneh-aneh.

Di dalam hutan tersebut juga terdapat banyak peringatan bagi pengunjung untuk tidak masuk lebih dalam ke area hutan dan peringatan-peringatan tersebut dipasang tepat di titik adanya mitos sosok perempuan pencari selendang.

5. Gunung Kelud

Gunung Kelud disebut memiliki sosok buaya putih yang menjadi penunggu di sana.

Cerita mistis ini diyakini bermula dari cerita rakyat ketika dua bidadari di danau yang sedang melakukan tindakan asusila. Dewa yang melihat kejadian tersebut seketika murka dan berucap “kalian seperti buaya”.

Seketika itu pula kedua bidadari tersebut berubah menjadi buaya putih yang sampai saat ini dipercaya menunggu danau tersebut.

6. Gunung Kemukus

Terakhir ada Gunung Kemukus yang berada di Kabupaten Sragen yang katanya menyimpan aib yang sangat memalukan dalam konteks kemanusiaan yakni ritual pesugihan.

Pesugihan di Gunung Kemukus membuat adanya praktik ritual seks bebas yang menyebar luas dengan maksud memperoleh kekayaan.

Meluasnya kabar bahwa ada praktik pesugihan dengan cara ritual seks bebas di Gunung Kemukus ini diyakini berasal dari adanya semacam prasasti atau tapak tilas peninggalan salah seorang Pangeran Samudro yang berasal dari Majapahit (sebagian menganggap dari Lumajang).

Itu dia gunung di Indonesia yang punya misteri dan masih belum bisa terpecahkan berdasarkan cerita dan pengalaman para pendaki.

Berita Lainnya