9K Berarti 9.000, Apa Sih Arti Huruf “K” di Belakang Nominal Harga?

Hai Kawula Muda, penting nih buat yang doyan belanja!

Huruf 'K" pada pencantuman harga. (SHORTPIXEL)
Mon, 18 Apr 2022


Buat kaum shopaholic pasti sudah hafal dengan notasi harga barang yang suka ditulis dengan huruf “K” di belakang nominal harga, seperti 1K, 10K, 100K, dan seterusnya.

Pertanyaannya, apa ya sebetulnya arti huruf “K” tersebut dan mengapa harus menggunakan notasi huruf alih-alih menggunakan angka seluruhnya?

Huruf “K” digunakan untuk menyatakan ribuan dan merupakan salah satu unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d’unités) yang berasal dari kata “Kilo”.

Kilo adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani, Chilioi, yang artinya banyak atau jamak. Jadi, kalau tertera harga 1K berarti 1.000, 10K berarti 10.000, 100K berarti 100.000, dan seterusnya.

Penggunaan huruf “K” untuk menyatakan “ribuan” diperkirakan dimulai sejak pertengahan 1940-an. Catatan menunjukkan, “K” sebagai ribu ada dalam glosarium buk teks Basic Electrical Engineering terbitan McGraw-Hill’s pada tahun 1945.

Dua tahun berselang, perusahaan elektronik Radio Corporation of America (RCA) memasukkan "K" dalam glosariumnya, Common Words in Radio, Television, and Electronics.

Ilustrasi imbalan. (PIXABAY)

  

Memudahkan penulisan

Selain huruf “K”, IDR juga kerap digunakan dalam notasi harga di Indonesia. IDR biasanya dituliskan sebelum notasi angka dari harga, misalnya IDR 100K.

IDR merupakan singkatan dari Indonesia Rupiah. Hal tersebut sesuai dengan kode resmi mata uang Indonesia berdasarkan ISO 4217.

Jadi, kalau ada barang dibanderol dengan harga IDR 100K itu berarti barang tersebut dijual dengan harga 100 ribu Rupiah.

Penggunaan huruf “K” pada harga memudahkan penulisan harga sehingga tidak menjadi terlalu panjang, atau terlalu banyak angka nolnya.

Sedangkan penggunaan IDR biasanya hanya digunakan untuk barang-barang yang memang diperjualbelikan secara internasional, sehingga perlu menambahkan IDR untuk menyatakan bahwa harga yang tertera adalah senilai mata uang tersebut.

Untuk jumlah follower

Tak hanya untuk harga, di media sosial, penggunaan huruf “K” juga dipakai untuk menyatakan jumlah follower bila sudah mencapai angka ribuan.

1K = 1.000

10K = 10.000

100K = 100.000

1000K = 1.000.000

Berita Lainnya