Ada Pasar Tradisional yang Jual Pengantin Pria di Desa Saurath India

Kawula Muda pada minat sama tradisi ini?

Pasar unik di India (Facebook/Bussines Universe)
Sun, 21 Aug 2022

Pernikahan sudah menjadi tradisi di dunia. Sayangnya, memilih seseorang untuk dijadikan pasangan dalam pernikahan tidaklah mudah. Namun, hal tersebut tampaknya tidak berlaku di India, pasalnya negara ini memiliki pasar khusus yang menyediakan banyak pilihan pria untuk dijadikan calon pengantin.

Negara bagian di India, distrik Madhubani, punya tradisi yang cukup unik, di mana wanita bisa 'membeli' pria di sebuah pasar khusus untuk dijadikan suami. Kabarnya, tradisi unik ini sudah berlangsung kurang lebih 700 tahun.

Setiap tahunnya, ribuan pria di desa Saurath dikumpulkan di sebuah bawah pohon yang dicap keramat bagi sebagian warga sekitar, di area pasar lokal tersebut. Para pria ini berkerumun, menunggu para calon istrinya dengan label harga mencapai 50.000 rupees (Rp 9,3 juta).

Sayangnya, tidak sembarang pria bisa ‘dijual’ di pasar ini, ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi agar bisa ‘dijual’. Selain itu, ada beberapa kategori yang berdasarkan pada latar belakang serta pendidikan dari para pria.

Ilustrasi pasar di India (inews)

Dilansir dari Al Jazeera, pria yang berprofesi sebagai insinyur, dokter dan PNS paling diminati banyak dicari. Terlebih lagi jika usianya masih muda, otomatis akan jadi incaran banyak peminat.

Dengan kategori yang beragam tersebut setiap pria yang 'dijual' diberi harga sesuai kapabilitasnya, termasuk kualifikasi pendidikan dan latar belakang keluarga.

Kendati secara aturan pilihan ada di tangan wanita, tetapi hal tersebut tidak lantas langsung bisa menentukan pria mana yang ingin dinikahi. Sebab keputusan terakhir lagi-lagi ada di tangan keluarga.

Meskipun saat ini tradisi tersebut harus bersaing dengan pertumbuhan dating apps yang kian menjamur, tetapi tidak jarang pula ada yang bersedia bahkan untuk melakukan perjalanan ke negara bagian ini demi menemukan pasangan.

Berita Lainnya