Jarang Ganti Baju, 5 Selebriti Ini Pakai Ulang Gaun ke Red Carpet!

Bukannya kolot, sih. Lebih tepatnya, mereka menganut sustainable fashion biar mengurangi limbah tekstil. Mantap!

Saoirse Ronan mengenakan gaun yang sama, namun dengan beberapa aksen baru. (buzzfeed)
Fri, 04 Feb 2022

Mengikuti perkembangan zaman di era yang menjadikan internet sebagai kebutuhan primer, perkembangan industri fashion terpengaruhi dan berkembang dengan pesat.

Situs e-commerce mempermudah banyak orang untuk belanja secara online tanpa harus mendatangi toko. Kemudahan tersebut mengubah cara dan pemikiran orang mengenai pakaian, terutama membuang atau mengabaikan koleksi pakaian mereka yang belum terpakai.

Pertumbuhan industri fashion menyumbang hampir 92 juta sampah di dunia tiap tahunnya. Hal tersebut terjadi karena sikap konsumtif orang terhadap pakaian di pasar.

Menyayangi hal tersebut, banyak selebriti yang menganut kepercayaan sustainable fashion. Sustainable fashion memiliki misi dalam menjadikan industri fashion untuk lebih beretika terhadap lingkungan hidup, serta mengurangi sampah dari penjualan di perusahaan fast fashion.

Beberapa selebriti yang mengenakan ulang baju, diantaranya:

1. Olivia Rodrigo

Di dalam video musiknya untuk 'Brutal', Olivia terlihat mengenakan dress yang sama dengan Britney Spears. Dress ciptaan Roberto Cavalli tersebut sempat dikenakan Britney di America's Music Award 2003.

Olivia Rodrigo kenakan dress yang sama dengan Britney Spears. (hollywoodlife.com)

 

 2. Saoirse Ronan

Pada BAFTA 2020, Saoirse mengenakan gaun hitam panjang ciptaan Gucci. Gaun yang cukup simple tersebut didaur ulang oleh Saoirse dan dikenakan kembali ke Oscar 2020 dengan tambahan pada gaunnya yang menjadikannya seperti gaun yang berbeda.


Saoirse Ronan mengenakan gaun yang sama, namun dengan beberapa aksen baru. (buzzfeed)

 

 3. Zahara Jolie-Pitt

Pada premier film Eternals, anak Angelina Jolie dan Brad Pitt ini mengenakan dress dari Elie Saab yang pernah dikenakan oleh Angelina Jolie ke Oscars 2014.


Anak Angelina Jolie mengenakan baju yang sama dengannya di premier Eternals. (buzzfeed)

 

 4. Cate Blanchett

Pada acara Cannes Film Festival tahun 2018, Cate Blanchett kembali mengenakan dress Giorgio Armani yang pernah ia gunakan di Golden Globes 2014.


Gaun Giorgio Armani ini pernah Cate Blanchett kenakan di dua acara yang berbeda, dalam selang waktu 4 tahun. (vogue AU)

 

5. Tiffany Haddish


Tiffany kenakan gaun yang sama lebih dari tiga kali. (buzzfeed)

 

Dalam beberapa tahun belakangan, Tiffany mengenakan gaun Alexander McQueen seharga 4,000 dolar AS berkali-kali. 

Tiffany pertama kali mengenakan gaun putih tersebut di premier film 'Girls Trip' pada tahun 2017. Kemudian ia membawakan acara Saturday Night Live pada tahun 2017 dan kembali mengenakan gaun tersebut. 

Pada tahun 2018, ia kembali menunjukkan gaun tersebut ke acara MTV Movie Awards serta MTV Movie and TV Awards. 

Tahun 2019, Tiffany muncul sebagai tamu di acara My Next Guest Needs No Introduction With David Letterman dan memakai kembali gaun yang sama. Dan pada tahun 2021, ia kembali mengenakan gaun tersebut untuk photoshoot-nya dengan People.

Berita Lainnya