Apa Arti NT dan 10 Makna Kata Viral di TikTok, Ada POV sampai YGY

Mana yang paling sering lo pake, Kawula Muda?

Ilustrasi TikTok (UNSPLASH)
Tue, 31 Jan 2023

Seiring dengan perkembangan popularitas aplikasi video TikTok, semakin banyak pula bahasa gaul viral yang lahir dari aplikasi tersebut.

Bahasa viral tersebut pun kerap digunakan oleh para penggunanya. Bahkan, tak jarang bahasa-bahasa gaul tersebut juga dipakai dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satu istilah yang dimaksud adalah 'NT'. Merupakan singkatan dari nice try atau 'usaha yang bagus', NT dalam TikTok biasanya digunakan untuk menceritakan usaha yang berujung gagal dalam mencapai tujuan. Misalnya ketika seseorang gagal mendekati doi walau telah berjuang, maka hal tersebut juga terhitung sebagai NT.

Selain NT, sebenarnya terdapat berbagai istilah lainnya yang ramai disebut di platform video tersebut. Supaya lo gak bingung arti bahasa gaul yang viral khas TikTok tersebut, berikut tim Prambors rangkum 10 bahasa viral TikTok berserta artinya, Kawula Muda! 

POV

Berbagai video TikTok kini banyak yang menggunakan format point of view atau POV, dalam bahasa Indonesia adalah sudut pandang. Hal ini menggambarkan seseorang yang menjadi angle video dari sudut pandang tertentu. Misalnya ketika membuat video ‘POV anak SD’, maka orang tersebut akan berakting seolah-olah dari sudut pandang anak SD. 

CEO

Dalam dunia bisnis, istilah Chief Executive Officer (CEO) berarti pimpinan dari suatu perusahaan. Namun, di dunia TikTok, CEO merujuk pada seseorang yang ahli dalam suatu hal. Misalnya ketika seseorang menamai akun sebagai ‘CEO of Putus Cinta’, maka dapat diartikan ia merupakan orang yang kerap mengalami putus cinta. 

YGY

Merupakan singkatan dari 'ya guys ya', istilah ini digunakan ketika ingin meyakinkan seseorang dalam argumen. Misalnya ketika seorang pengguna TikTok menulis “Mie ayam ini enak banget ygy”.

Flexing

Konten flex atau flexing juga memiliki arti yang harafiah, yakni ‘pamer’. Jika lo menemukan konten yang berjudul ‘flex tas baru’, berarti sang pemilik video memang ingin memamerkan tas yang baru ia beli, Kawula Muda!

TBL

TBL atau Takut Banget Loh merupakan salah satu konten TikTok yang viral di media sosial. Hal ini pun bermula dari konten kreator bernama Bondol yang ingin mengekspresikan rasa ‘takut’ secara lebih gaul. 

Ilustrasi FYP TikTok (UNSPLASH)

 

FYP

FYP atau singkatan dari for your page dapat dimaknai sebagai konten yang populer dan banyak ditemukan pada bagian ‘page’ TikTok para pengguna. Apabila suatu video FYP dan diperbincangkan oleh banyak orang, maka video tersebut resmi menyandang gelar ‘viral’, Kawula Muda!

IB

IB merupakan singkatan dari inspired by. Biasanya, seseorang menyertakan ‘IB’ dalam keterangan video untuk menyatakan ia terinspirasi dari kreator lainnya saat membuat video tersebut. Misalnya ‘Baju kali ini IB @abc ya!’. 

DC

Istilah dance credit (DC) sebenarnya memiliki kemiripan dengan makna IB. Bedanya, apabila IB merujuk pada inspirasi dari konten lainnya, maka DC merujuk pada konten gerakan dance yang terinspirasi dari koreografi kreator lainnya. 

Spill

Sama seperti artinya, spill berarti ‘menumpahkan’. Pada dunia media sosial termasuk TikTok, spill ditanyakan seseorang ketika ia ingin mengetahui sesuatu secara lebih dalam. Istilah ini pun biasanya ditemukan di kolom komentar seperti ‘spill dong ceritanya’ ataupun ‘spill tasnya ya”.

Stitch dan Duet

Stitch dan Duet merupakan fitur TikTok yang dapat menggabungkan dua video. Bedanya, fitur duet akan membuat video lo dan kreator lain bersebelahan atau split screen. Sementara itu, stitch akan membuat video kreator lain dimulai terlebih dahulu, kemudian dapat ditambahkan oleh video lo.

Berita Lainnya