Apa Arti Red Flag dalam Hubungan? Kenali Ciri dan Contohnya!

Kawula Muda, tetap waspada selalu, ya!

Apa itu red flag dalam hubungan? Simak penjelasannya! (SHUTTERSTOCK)
Wed, 12 Apr 2023

Ketika menjalin hubungan dengan seseorang, Kawula Muda mungkin akan menemukan banyak pasang surut. Sayangnya, beberapa orang tidak bisa membedakan jika masa sulit dalam hubungan merupakan pertanda bahwa hubungan lo sedang masalah atau red flag.

Secara harfiah, red flag merupakan ungkapan dari bahasa Inggris yang berarti bendera merah. Red flag digunakan untuk menunjukkan kondisi berbahaya bahwa sesuatu seharusnya dihentikan.

Dalam konteks hubungan, red flag berarti tanda bahaya atau kondisi yang tidak sehat dalam suatu hubungan dan sebaiknya harus diakhiri.

Apa itu red flag dalam hubungan? Simak penjelasannya! (SHETHEPEOPLE)

Suatu hubungan dapat dikatakan memiliki red flag ketika ditemukan tanda-tanda yang mengkhawatirkan, seperti tidak jujur, rasa cemburu yang ekstrem, posesif berlebihan, hingga kecurigaan tidak mendasar.

Tidak hanya itu, melansir Forbes Health, red flag dalam hubungan juga dapat dilihat melalui perilaku untuk mendapatkan kendali atau kekuasaan atas pasangan dan hubungan tersebut, Kawula Muda. Selain itu, love bombing atau mengungkapkan cinta secara berlebihan termasuk red flag.

John dan Julie Gottman, dua psikolog dan peneliti klinis terkenal mengatakan jika red flag dalam hubungan dapat diketahui sejak awal ketika hubungan tersebut kerap menyebutkan kalimat ‘kamu tidak pernah...’ atau ‘kamu selalu...’, loh!

Sebagai contoh, pasangan lo ketika bertengkar selalu menyalahkan lo sepenuhnya dan bukan mencari jalan keluar, seperti "Kamu tidak pernah mengerti aku." atau "Kamu selalu benar, aku yang salah."

Ciri Red Flag dalam Hubungan

Apa itu red flag dalam hubungan? Simak penjelasannya! (GETTY IMAGES)

1. Tidak mampu menyelesaikan konflik

2. Kurangnya kepercayaan terhadap pasangan

3. Munculnya perasaan bahwa kita tidak bisa menjadi diri sendiri sepenuhnya

4. Kecenderungan untuk mundur saat ada konflik dibanding memilih menyelesaikan konflik dan bernegosiasi

5. Salah satu pihak tidak dapat menahan amarah

Melansir laman resmi UGM, Putri Khatulistiwa, Community of Practice Officer Siklus Indonesia mengatakan jika lo dapat melihat red flag dalam hubungan lewat perilaku, sifat, kepercayaan, dan nilai pasangan. Tidak hanya itu, lo juga bisa melihat apakah dinamika hubungan, seperti pertengkaran dan yang lainnya cenderung menyakitkan atau tidak.

Contoh Red Flag dalam Hubungan

1. Emotional Abuse atau kekerasan yang melibatkan emosi

2. Over protective atau posesif 

3. Penyiksaan Fisik

4. Tidak dapat menerima perbedaan atau toleransi

Salah satu yang menjadi catatan, perhatikan kesehatan mental lo dan pasangan ya, Kawula Muda. Pasalnya, setiap orang memiliki sistem peringatan untuk melihat apakah suatu hubungan tidak lagi sehat atau tidak.

Kawula Muda, itulah segala hal yang harus lo ketahui tentang red flag. Jangan sampai lo terjebak dalam hubungan yang seharusnya enggak lo jalani, ya.

Berita Lainnya