Apa Perbedaan Sun, Moon, dan Rising Sign pada Zodiak?

Jadi ketiganya memiliki peran masing-masing ya, Kawula Muda!

Ilustrasi horoskop (UNSPLASH/VEDRANA FILIPOVIC)
Fri, 19 Aug 2022


Zodiak merupakan salah satu hal yang ramai diperbincangkan. Namun, dalam ilmu yang lebih kompleks, seseorang tidak hanya memiliki satu zodiak saja yang memengaruhi sifat lo loh, Kawula Muda!

Sistem horoskop rupanya menjelaskan bahwa posisi planet dan bintang ketika seseorang lahir turut mempengaruhi seseorang. Secara garis besar, terdapat tiga chart yakni sun, moon, dan rising sign. 

via GIPHY

Dipercayai, ketiga sign tersebut sama pentingnya dan memengaruhi kepribadian secara umum. Lantas, apa perbedaan dari ketiga sign tersebut, Kawula Muda?

Sun Sign

Sun sign seseorang adalah jawaban ketika ditanyakan “Apa zodiak lo” secara umum. Singkatnya, sun sign ditentukan dari tanggal dan bulan kelahiran lo saja. 

Adapun sun sign dipercayai sebagai lambag ego atau inti dari diri seseorang dan bagaimana seseorang mengekspresikan diri sendiri. 

Sama seperti namanya, sun sign ditentukan dari posisi matahari. Hal tersebut pun merupakan pusat dari tata surya dan merupakan pusat kepribadian dari dunia lo. 

Moon Sign

Moon sign (bulan) dapat diibaratkan dengan emosi yang lebih emosional dan mendalam dari kepribadian. Adapun hal tersebut merupakan inner though, emosi, perasaan, serta bagaimana sikap seseorang saat sedang berpikir dan merenung. 

Penentuan moon sign dilakukan berdasarkan jam dan zona waktu tempat seseorang dilahirkan. Karena itu, moon sign dapat berbeda dengan sun sign seseorang. 

Misalnya saja seseorang memiliki sun sign Leo yang berapi-api. Namun, bisa saja ia menjadi seorang Libra yang tenang saat sendirian. Karena itulah, moon sign seseorang lekat dengan emosi dan sentimen yang terkadang tidak bisa diekspresikan kepada orang lain. 

Rising Sign

Rising sign atau ascendent merupakan seperti apa yang ingin Kawula Muda tunjukkan kepada dunia. Adapun hal tersebut meliputi riasan, gaya busana, hingga lingkungan sosial seseorang.

Untuk mengetahui rising sign, seseorang harus mengecek waktu kelahiran yang tepat, termasuk jam serta menitnya. 

Sebelumnya, bila sun sign mewakili inti diri dan moon sign mewakili inner personality, maka rising sign bisa dibilang perwakilan dari sisi terluar lo. Lo dapat menganggap sign yang satu ini sebagai topeng yang dipakai orang baru untuk melindungi diri. 

Berita Lainnya