Basic Skincare Rutin yang Wajib Digunakan Pria

Hai Kawula Muda, para lelaki wajib baca ini nih!

Ilustrasi skincare pria (UNPLASH)
Sun, 03 Apr 2022

Untuk para lelaki, merawat kulit dengan menggunakan skincare hampir tidak masuk dalam kehidupan mereka. Tidak banyak yang menemukan beberapa produk perawatan kulit di kamar tidur atau kamar mandinya.

Biasanya mereka hanya menggunakan sabun mandi, sampo, dan sabun cuci muka saja. Padahal, baik lelaki maupun wanita, penting untuk menjaga kesehatan kulit dan merawatnya dengan baik.

Melansir dari Mankind, ada berbagai skincare yang bisa dipakai lelaki untuk merawat kulit. Di antaranya sebagai berikut:

Ilustrasi skincare (UNSPLASH/Content Pixie)

 

Langkah 1, Eksfoliasi

Di langkah pertama adalah eksfoliasi. Ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan sebum dari kulit.

Produk yang mengandung eksfoliasi membuat pengelupasan dan menembus ke dalam pori-pori dan membuka kotoran yang ada. Selain itu, dapat menghentikan penyumbatan yang berkontribusi pada masalah seperti bintik dan komedo. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan mudah teriritasi, gunakan eksfoliasi bahan kimia daripada scrub.

Kalau menggunakan bahan kimia, gunakan dengan sembari pijat kulitmu saat mencuci muka dan biarkan menyerap selama 30 detik sebelum dicuci. Sedangkan dengan scrub, pijat terus menerus selama kurang lebih 30 detik, dengan fokus pada area yang bermasalah, sebelum dibersihkan.

Gunakan pada 2-3 kali setiap minggunya, ya!

Langkah 2, Mencuci wajah

Ini merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan sehari-hari dalam rangkaian rutin skincare.

Sepanjang hari, kulit kamu terpapar kotoran, bakteri, dan kotoran lingkungan, serta memproduksi sebum yang menumpuk di permukaan. Dalam membersihkan wajah, kamu bisa mencegah jerawat dan pori-pori tersumbat.

Oleskan pembersih ke kulit di pagi hari atau setelah eksfoliasi, pijat, dan bersihkan. Kamu hanya membutuhkan waktu 30 detik saja untuk tahap ini.

Langkah 3, Serum

Serum ini sebagai tambahan untuk perawatan kulit kamu dan sangat bermanfaat, loh!

Serum memberikan manfaat yang intens seperti pembersihan, melembapkan kulit dan juga anti penuaan dini. Gunakan 1 atau 3 tetes dan oleskan ke seluruh wajah.

Jika kamu menggunakan dengan rutin, kamu akan bisa melihat efek yang terjadi di kulitmu!

Langkah 4, Pelembab

Menggunakan pelembab untuk mengatasi kering di permukaan wajah dan membuat wajah tetap lembap.

Akan tetapi, pemakaian pada pelembab harus diperhatikan, nih! Jika kulit kamu berminyak, gunakan sedikit saja. Jika kering, gunakan dengan secukupnya. Penggunaan yang terlalu banyak dapat memperburuk sifat berminyak dan berjerawat.

Yuk, untuk para lelaki, mulai rawat kulitmu sejak dini biar enggak menyesal di kemudian hari!

Berita Lainnya