Berbicara dengan Kekuatan: Contoh Pidato Singkat dan Inspiratif untuk Segala Acara

Cocok untuk berbagai kesempatan!

Berbicara dengan Kekuatan: Contoh Pidato Singkat dan Inspiratif untuk Segala Acara (UNSPLASH)
Tue, 29 Aug 2023

Kawula Muda pasti sudah familiar dengan pidato. Tidak hanya dilakukan oleh kalangan tertentu, pidato juga masuk ke dalam materi pelajaran sekolah.

Rupanya, pidato dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, terutama pidato singkat. Melalui pidato, seseorang bisa menyampaikan berbagai hal dengan banyak tujuan.

Teks pidato juga digunakan untuk mempengaruhi pendengar dengan cara menyampaikan pesan atau ide yang dapat merangsang emosi, memotivasi, atau menginspirasi pendengar. 

Sebelum melakukan pidato, banyak orang yang kerap menyiapkan teks pidato singkat agar bisa lebih percaya diri di depan audiens. Untuk itu, simak contoh pidato singkat yang lengkap di bawah ini. Dijamin berpidato akan menjadi mudah!

Struktur Teks Pidato

Contoh Pidato Singkat dan Inspiratif untuk Segala Acara (UNSPLASH)

Sebelum melihat contoh pidato mudah, ada baiknya Kawula Muda mengetahui apa saja struktur teks pidato. Hal ini akan memudahkan lo untuk merancang teks pidato yang berbobot dan juga padat.

1. Pembuka

Pembuka merupakan bagian pertama dari teks pidato. Biasanya pembuka pidato harus menarik agar para pendengar tertarik. Dalam pembuka juga perlu menyampaikan ucapan rasa syukur, ucapan hormat kepada orang-orang yang menjadi tamu, dan penyampaian mengenai tujuan pidato.

2. Isi

Isi dalam pidato adalah inti dari materi yang akan disampaikan kepada para pendengar. Isi pidato wajib bersifat informatif, menghibur, dan mendidik. Sebab ketiga aspek itu perlu disampaikan dalam isi pidato agar para pendengar merasa perlu mendengar pidato yang disampaikan.

3. Penutup

Penutup dalam pidato merupakan sebuah kesimpulan dari apa yang disampaikan. Agar penutup pidato menarik, perlu adanya ajakan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.

Pidato bertujuan untuk memberikan sapaan, informasi, memengaruhi para pendengar, menghibur pendengar, dan meyakinkan pendengar.

Pidato pun terbagi ke dalam beberapa jenis, seperti pidato informatif, pidato argumentatif, pidato rekreatif, dan pidato persuasif.

Contoh Pidato Singkat dan Informatif, Cocok untuk Berbagai Kesempatan

Contoh Pidato Singkat dan Inspiratif untuk Segala Acara (UNSPLASH)

Kawula Muda, simak contoh pidato singkat nan inspiratif berikut ini:

1. Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak atau Ibu, dan teman-teman yang saya cintai Segala puji dan syukur kita panjatkan bagi sang pencipta seluruh jagat raya, Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita bisa berkumpul bersama di sini.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat mengenai "Pentingnya Menjaga Kesehatan Sejak Dini" agar kita semua yang ada di sini bisa sadar akan kesehatan tubuh kita.

Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin Anda pernah mendengar kata pepatah yang bilang bahwa "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat".

Kata pepatah ini secara tidak langsung telah menyadarkan kita bahwa memiliki tubuh yang sehat tentu akan membuat pikiran dan jiwa kita menjadi sehat.

Ada pula slogan yang mengatakan bahwa "kesehatan sangat mahal", secara tidak langsung slogan ini juga menyadarkan kita bahwa betapa mahalnya harga untuk menjadi sehat. Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian coba bayangkan keadaan kita sekarang, kita harus bersyukur karena masih diberikan nafas untuk dapat menikmati hidup.

Namun, coba bayangkan pula jika tiba-tiba Anda terkena penyakit stroke atau terkena serangan jantung, tentu menyeramkan bukan?

Karena selain harus mengeluarkan biaya besar untuk mengobati penyakit tersebut, Anda juga akan membuang banyak waktu kita secara sia-sia karena harus dirawat di rumah sakit.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh terbukti menjadi satu hal yang sangat penting untuk kita semua lakukan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang kita.

Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, jika kita dapat menjaga kesehatan sedari sekarang maka kita semua pun bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman pula.

Tubuh yang sehat secara tidak langsung akan membuat kita lebih berkonsentrasi dalam belajar serta bekerja dan juga membuat daya tangkap dan ingat kita menjadi lebih baik saat belajar.

Kenapa demikian? Karena tubuh sehatlah yang memacu otak kita untuk dapat bekerja secara optimal. Menjaga kesehatan juga tidak hanya baik untuk diri kita, tetapi juga untuk masa depan bangsa kita.

Bangsa yang kuat adalah bangsa yang dihuni oleh masyarakat yang sehat baik secara jasmani maupun secara rohani.

Namun, jika suatu bangsa dihuni oleh masyarakat yang tidak sehat apalagi rohaninya, maka masa depan bangsa tersebut pula akan hancur karena ulah masyarakatnya sendiri.

Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini.

Semoga apa yang telah saya sampaikan ini berguna buat kita semua terutama dalam menjaga kesehatan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

2. Contoh Pidato Inspiratif

Selamat siang. Salam sejahtera bagi kita semua segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan nafas kehidupan sehingga bisa berkumpul di tempat ini.

Terima kasih juga saya panjatkan kepada Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai karena telah datang untuk berkumpul di tempat ini. Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato singkat tentang kedisiplinan siswa di sekolah.

Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai, di sini saya akan menyampaikan tentang kedisiplinan siswa di sekolah.

Saya sering menemukan banyak murid yang masih sering melanggar aturan yang dibuat untuk menjaga kedisiplinan selama berada di lingkungan sekolah.

Murid-muridku terkasih, mulai sekarang kalian harus terbiasa untuk disiplin saat belajar di sekolah. Karena dengan menjaga kedisiplinan, kita semua bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tenang dan lebih fokus lagi.

Murid-muridku terkasih, kalian harus tahu bahwa disiplin ini sangatlah penting. Mulai sekarang mulailah untuk lebih berdisiplin lagi dengan cara tidak terlambat datang ke sekolah, tidak membawa alat elektronik ke sekolah, tidak makan di dalam kelas, dan tidak berkelahi sesama murid lainnya.

Murid-muridku terkasih, kalian tidak boleh melanggar peraturan karena akan terkena hukuman. Kalian harus menaatinya agar kalian bisa belajar disiplin sedari usia dini. Berani juga merupakan salah satu sikap disiplin, rendah hati pun demikian.

Murid-muridku terkasih, masih ada banyak lagi hal-hal kecil yang bisa kalian lakukan agar dapat disiplin di sekolah. Demikian yang dapat saya sampaikan pada siang hari ini. Ingatlah selalu bahwa disiplin merupakan kunci awal dari kesuksesan. Harapan saya, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat berguna bagi kita semua.

Terima kasih saya haturkan sebelumnya. Selamat siang.

3. Contoh Pidato Motivasi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Hadirin yang berbahagia

Dalam mencari ilmu, Allah SWT pernah menguji para malaikat-Nya bahwa ternyata tidak ada seseorang pun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah SWT. Sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan-Nya. Bahkan malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu, kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apa pun yang kita miliki, tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangat penting sehingga orang yang bersamanya duduk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya, walau hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah SWT dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan diridhoi Allah SWT. Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Contoh Pidato Singkat untuk Anak-Anak

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Hadirin yang saya hormati,

Mengonsumsi narkoba adalah satu di antara perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan, perbuatan setan, dan sekaligus perbuatan keji yang harus dijauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tentram tidak ada satu kejahatan pun.

Janganlah sekali-kali mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya, maka akan rugi seumur hidup. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa, mulai sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Hadirin yang saya hormati,

Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5. Contoh Pidato

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangat berarti dan akan terus kami kenang. Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan penuh kasih sayang membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Terima kasih.

Kawula Muda, itulah contoh pidato singkat yang inspiratif.

Berita Lainnya