Orang yang Berteman dengan Mantan Terindikasi Psikopat Menurut Penelitian?

Lo salah satunya bukan, Kawula Muda?

Berteman dengan mantan termasuk psikopat? Ini kata penelitian! (MILES FILM)
Tue, 29 Aug 2023

Perdebatan tentang bisa berteman dengan mantan atau tidak memang tidak ada habisnya. Jika suatu hubungan sudah selesai, banyak orang yang memutuskan hubungan dengan mantan. 

Di sisi lain, ada juga yang menganggap berteman dengan mantan tidak ada salahnya, sebab hubungannya sudah berakhir

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences mengungkapkan hal lain tentang berteman dengan mantan.

Menurut penelitian tersebut, seseorang yang masih berhubungan atau berteman dengan mantan bisa menjadi tanda bahwa ia psikopat loh, Kawula Muda.

Penelitian sebut jika orang yang berteman dengan mantan adalah psikopat (IMDB)

Para peneliti di Universitas Oakland ini menanyakan kepada beberapa orang apakah mereka berteman dengan mantan, kemudian diberikan kuesioner untuk mengetahui kualitas narsistik dan psikopat dari orang tersebut.

Ternyata, penelitian yang mengamati 861 subjek ini mengungkapkan jika mereka yang memiliki ciri-ciri kepribadian paling gelap, terindikasi dengan narsistik psikopat cenderung tetap berhubungan dengan mantan kekasihnya, Kawula Muda.

Sebenarnya, hal ini tidak terlalu mengkhawatirkan, namun alasan yang diberikan para responden tentang kontak berkepanjangan tersebut yang paling mengkhawatirkan.

Pasalnya, berteman dengan mantan memberikan kesempatan bagi para psikopat untuk tetap mendapatkan akses terhadap sumber daya tertentu, seperti informasi, uang, atau seks.

Dengan mengumpulkan ikatan dengan mantan pasangan yang tidak bisa menjauh, psikopat melaporkan motivasi ‘strategis’ mereka, seperti ‘kepraktisan dan peluang untuk menjalin hubungan'.

"Gagalnya sebuah hubungan asmara memang mengakhiri romansa. Namun, studi ini memperlihatkan bahwa perubahan status mantan menjadi teman justru berpotensi pada semakin rusaknya hubungan dibandingkan putus cinta," jelas Mogilski, salah satu peneliti.

Penelitian sebut jika orang yang berteman dengan mantan adalah psikopat (THEGOODBOOK)

Meski begitu, bukan berarti Kawula Muda yang masih menjalin hubungan baik dengan mantan adalah psikopat, loh.

Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah jika mantan lo memiliki kebiasaan mengumpulkan mantan pasangannya sebagai ‘teman’, lo mungkin perlu memeriksa kembali motivasinya dan menjauhkan diri jika ada sesuatu yang membuat lo tidak nyaman.

Secara umum, seorang psikopat adalah seseorang dengan ciri-ciri kepribadian gelap, yang termasuk psikopati, narsisme, sadisme, dan Machiavellianism.

Sebagai informasi, menurut penelitian tersebut, sebagian besar dari manusia termasuk ke dalam spektrum ini. Namun, yang membedakan tiap individu dengan psikopat adalah tingkat empati.

Para psikopat tidak memiliki simpati terhadap orang lain, dan semua yang mereka lakukan adalah demi keuntungan atau hiburan mereka sendiri.

Lalu, bagaimana dengan mantan yang kembali datang di kehidupan saat ini, Kawula Muda?

Cara Geng PPK Menghadapi Sosok Masa Lalu yang Kembali Datang di Drama Audio “The Stories Season 3: Balada Cerita Romansa”

Drama audio The Stories Season 3: Balada Cerita Romantis akan segera hadir mulai 7 Agustus 2023 (PRAMBORS)

Kawula Muda, melanjutkan musim sebelumnya, drama audio “The Stories Season 3: Balada Cerita Romansa” turut menceritakan bagaimana sosok di masa lalu bisa memengaruhi kondisi saat ini.

Sibuk dengan karier dan urusan masing-masing, geng PPK (Para Pencari Kesetiaan) harus menyambut kehadiran sosok Abel dari masa lalu Ayas yang mulai menelisik ke kehidupan para anggota PPK.

Di tengah kehidupan mereka yang damai setelah beranjak dewasa dan sudah jauh dari konflik, geng PPK ternyata kembali melanjutkan perjalanan yang penuh lika-liku.

Tidak hanya itu, muncul juga mantan kekasih Ares di tengah hubungan Ares dan Ayas yang akan segera menuju jenjang yang lebih serius.

Untuk mengetahui bagaimana geng PPK menghadapi masa lalu, Kawula Muda bisa mendengarkan kelanjutan Ayas, Ares, Amira, dan Ale di link berikut ini.

Tidak hanya itu, bagi pendengar setia drama audio “The Stories” berkesempatan untuk mendapatkan hadiah staycation mewah di seluruh Indonesia! 

Berikut ketentuan lengkap agar lo bisa mendapatkan staycation mewah di seluruh Indonesia secara gratis.

1. Dengarkan episode terbaru “The Stories Season 3: Balada Cerita Romantis”

2. Simak pertanyaan di on-air Prambors

3. Jawab pertanyaan di Live Chat Prambors Radio Apps dengan format:

NAMA-UMUR-KOTA-AKUN INSTAGRAM-JAWABAN #TheStories3

4. Setiap hari akan ada 1 nama pemenang yang masuk ke dalam draw box

5. Pemenang akan diundi dan diumumkan setiap Jumat di Night Shift.

6. Priode kuis sampai dengan 31 Agustus 2023.

Pantau terus sosial media @prambors dan jangan lupa tune in di 102,2 FM ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya