Buka Puasa dengan Gorengan Ternyata Berbahaya, Simak Dampaknya!

Sehat-sehat ya, Kawula Muda :)

Ilustrasi gorengan (ISTOCK)
Wed, 29 Mar 2023

Berbagai macam gorengan seperti tempe, tahun, bakwan, hingga pisang menjadi salah satu kudapan favorit saat buka puasa. Rasanya tentu sangat nikmat, terlebih seseorang yang berpuasa telah menahan lapar dan haus dalam waktu yang lama. 

Namun, tahukah lo bahwa mengonsumsi gorengan secara terus menerus bukanlah hal yang baik? Walau mudah dan praktis, apabila dikonsumsi secara berlebihan, gorengan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Ilustrasi gorengan (ISTOCK)

 

Mengutip Kompas, ahli gizi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (UGM), Tony Arjuna, menyebut komposisi gorengan didominasi oleh lemak tidak sehat. 

"Gorengan sangat tidak direkomendasikan untuk berbuka puasa, karena komposisinya dominan karbohidrat dan lemak tidak sehat," kata Tony pada Selasa (18/03/2023) lalu. 

Mengonsumsi gorengan saat buka puasa disebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kolesterol, dan diabetes. Hal ini dikarenakan gorengan mengandung lemak jenuh dan trans yang tidak sehat untuk tubuh. Terlebih banyak gorengan yang digoreng dengan minyak yang sama berkali-kali. 

"Kan jarang yang ada gorengan yang 1-2 kali pakai ganti minyaknya. Kebanyakan minyak yang digunakan itu sudah dipakai berkali-kali dan jadi model sumber kolesterol," tambahnya. 

Ilustrasi minyak yang digunakan saat menggoreng berbagai macam gorengan (ISTOCK)

 

Selain itu, mengonsumsi gorengan secara berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti rasa lapar yang cepat dan diare. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak dan bahan kimia yang digunakan dalam proses penggorengan yang membuat gorengan sulit dicerna oleh tubuh.

Lebih lanjut, ada pula karbohidrat sederhana yang cepat dibakar dan dicerna dengan tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan kadar gula tubuh cepat turun sehingga menyebabkan rasa lapar. 

Sebagai alternatif, Kawula Muda bisa mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, atau makanan yang direbus atau dikukus. Selain lebih sehat, makanan-makanan tersebut juga dapat membantu tubuh untuk lebih cepat pulih setelah seharian berpuasa.

Namun, bukan berarti lo harus menghindari gorengan sama sekali, loh! Kawula Muda masih bisa mengonsumsi gorengan, tetapi dengan porsi yang lebih kecil dan frekuensi yang lebih jarang. 

Bagaimana pun, kesehatan tubuh tetap perlu menjadi prioritas terutama saat puasa Ramadan ya, Kawula Muda! 

Berita Lainnya