Bukan IQ Tinggi, Ini Kunci Sukses ala Bill Gates

Hai Kawula Muda, IQ tinggi enggak jamin bikin kamu sukses.

Bill Gates, orang terkaya kedua di dunia 2020. (INSTAGRAM/BILL GATES)
Mon, 27 Jun 2022


Siapa tak kenal Bill Gates? Salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 143,2 miliar dolar AS atau setara Rp 1.927 triliun.

Dengan kekayaannya tersebut, tentu layak Gates disebut sebagai salah satu contoh orang yang sukses di dunia ini.

Ternyata, untuk mencapai kesuksesan itu Bill Gates memiliki pandangan yang agak berbeda dari kebanyakan orang, yakni tak diperlukannya IQ tinggi.

Namun, sebelum ia memiliki pandangan yang tak biasa itu, Gates juga pernah pernah berpikir naif bahwa untuk bisa sukses seseorang harus memiliki IQ tinggi.

“Saya dulu sangat naif tentang beragam keahlian. Saya pikir jika seseorang memiliki IQ tinggi, mereka bisa menjadi hebat dalam segala hal,” ujarnya, dikutip dari CNBC Make it.

Seiring waktu, Gates mengaku mulai menyadari bahwa ada berbagai jenis kecerdasan. Dan kunci sukses, menurut dia adalah menemukan kecerdasan kita masing-masing, bukan IQ tinggi.

"Kecerdasan memiliki banyak bentuk yang berbeda. Kecerdasan bukan satu dimensi. Dan tidak sepenting yang saya pikirkan dulu," cuitnya pada tahun 2017.

Bill Gates dituduh dalang penyakit cacar monyet. (TWITTER)

 

Setidaknya, ada 6 kunci sukses yang dicontohkan Bill Gates. Berikut keenam kunci sukses tersebut.

1. Semangat dan tindakan nyata

Semangat besar tanpa disertai tindakan yang nyata merupakan omong kosong belaka. Bill Gates sangat semangat dalam mengembangkan bisnis bersama rekan-rekannya.

Ia juga mengiringi semangatnya tersebut dengan tindakan yang nyata. Bahkan ia tidak terlalu memikirkan risiko yang ada.

2. Nikmati apa yang dilakukan 

Kecintaannya pada dunia komputerisasi telah membawanya pada keputusan-keputusan penting dan keberhasilan yang hingga saat ini berdampak besar bagi masyarakat di dunia.

Ketika suatu hal dilakukan dengan senang hati dan menikmatinya, maka kita akan mudah dan senang dalam menjalaninya. Bahkan jadikanlah suatu yang kita lakukan sebagai hobi.

3. Berani ambil risiko

Bil Gates memutuskan keluar dari perguruan tinggi ternama dunia, yakni Univesitas Harvard. Gates memilih drop out dan mendirikan Microsoft. Padahal ia pun tahu bahwa ada risiko kegagalan yang harus dihadapi.

4. Belajar dari kesalahan

Pebisnis yang bijak adalah yang mampu belajar dari kesalahan. Beradaptasi dan jangan mudah menyerah. Jadikan kesalahan tersebut sebagai bahan evaluasi untuk mencapai kesuksesan.

5. Pilih partner bisnis yang tepat

Bill Gates pernah berkata “Semua kesuksesan bisnis yang telah saya capai saat ini berkaitan dengan memilih orang.”

Keputusan Bill Gates bekerja dengan Paul Allen merupakan hal yang bagus. Dengan bekerja pada orang-orang terpercaya dan memiliki komitmen tinggi adalah salah satu jalan dan kunci kesuksesan.

6. Minta nasihat (belajar)

Bill Gates mengaku bahwa dirinya tidak terlalu pandai dalam mengambil keputusan. Ia pun selalu meminta nasihat kepada ayahnya, istrinya, dan bahkan temannya, Warren Buffet.

Bagaimana Kawula Muda, sudah menemukan kecerdasan kalian masing-masing? Kalau belum, segera temukan supaya bisa cepat sukses seperti Bill Gates.

Berita Lainnya