Cetak Rekor, Coretan Tangan Einstein Tentang Teori Relativitas Laku Terjual Rp 186 Miliar

Hai Kawula Muda, manuskrip Einstein pecahkan rekor penjualan naskah ilmiah.

Manuskrip Albert Einstein tentang Terori Relativitas dilelang. (TWITTER/ALBERT EINSTEIN)
Fri, 26 Nov 2021

Sebuah naskah langka milik fisikawan Albert Einstein memecahkan rekor penjualan dokumen ilmiah bertulisan tangan pada sebuah lelang di Paris, Prancis.

Manuskrip Einstein yang berisi saat ia merumuskan teori relativitas berhasil terjual di angka 11,6 juta euro atau sekitar Rp 186 miliar.

Angka itu jauh dari prediksi yang sebelumnya memperkirakan naskah laku di angka 2,3-3,5 juta euro atau sekitar Rp 37-55 miliar.

Manuskrip ini merupakan salah satu dari dua dokumen yang menunjukkan cara kerja Einstein pada terobosan ilmiahnya.

Disimpan orang kepercayaan

Dokumen setebal 54 halaman ini ditulis tangan pada 1913-1914 di Zurich, Swiss oleh Einstein dan rekan serta orang kepercayaannya, insinyur Michele Besso yang kemudian menyimpan dokumen tersebut.

Rumah lelang Christie’s memuji pemikiran Besso yang maju karena menyimpan manuskrip tersebut.

“Einstein adalah tipe orang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu bisa tersimpan dan sampai kepada kita adalah hal yang luar biasa,” kata Vincent Belloy, seorang ahli di rumah lelang Christie’s.

Manuskrip tersebut berisi perhitungan ketika Einstein merumuskan teori relativitas yang dia tuliskan menggunakan alat tulis hitam.

Menurut Belloy, coretan tangan Einstein itu menunjukkan sejumlah kesalahan dalam perjalanannya merumuskan teori itu.

Teori relativitas diterbitkan pada 1915, yang kemudian mengubah pemahaman manusia mengenai ruang, waktu, dan gravitasi. Teori itu juga menjelaskan kelahiran alam semesta, orbit planet, serta lubang hitam.

Christie’s mengatakan, pelelangan manuskrip itu telah menarik kolektor dari seluruh dunia yang menyadari betapa pentingnya dokumen itu. Namun, identitas pembeli manuskrip setebal 54 halaman itu belum terungkap.

Sebelumnya, pada Mei lalu, sebuah surat yang ditulis oleh Einstein berisi teori persama yang paling terkenal E=mc2 terjual lebih dari 1,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 17,1 miliar.

Albert Einstein merupakan fisikawan paling berpengaruh sepanjang masa. Dia meninggal pada 1955 di usia 76 tahun.


Berita Lainnya