Doa Setelah Adzan, Bacaan Doa yang Dianjurkan setelah Mendengar Panggilan Sholat

Jangan lupa doa setelah adzan, Kawula Muda!

Doa setelah adzan merupakan salah satu doa yang dianjurkan (FREEPIK)
Mon, 03 Apr 2023

Kawula Muda, adzan merupakan panggilan bagi umat Islam untuk melaksanakan ibadah salat. Adzan diumpamakan sebagai sebuah panggilan yang menandakan bahwa sudah masuk waktu shalat.

Setelah adzan, umat Islam diajarkan untuk membaca doa setelah adzan. Bacaan doa setelah adzan merupakan salah satu doa yang dianjurkan sebagai amalan sunnah umat Islam.

Bacaan Doa Setelah Adzan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan doa setelah adzan arab dan latin (PRAMBORS)

Doa setelah adzan latin: Allahumma Rabba haadzihid-da’watit-taammah, wash-sholaatil-qaa’imah, aati sayyidanaa Muhammadanil-washiilata wal-fadhilah wash-syarafa wad-darajatal-‘aliyatar-rafii’ah, wab’atshu maqaamam-mahmudanil-ladzi wa’adtah, innaka laa tukhliful-mii’aad, yaa Arhamar-Raahimiin.

Jawaban Disela-Sela Kalimat Adzan

Kawula Muda, tidak hanya membaca doa setelah adzan. Umat Islam juga dianjurkan untuk memberikan jawaban kepada kalimat atau bacaan adzan yang sedang dikumandangkan.

Bacaan jawaban disela-sela adzan yang disunnahkan (PRAMBORS)

Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

Ilustrasi doa setelah adzan (UNSPLASH)

Kawula Muda, ketika umat Islam mengamalkan doa setelah adzan yang dianjurkan, para ulama mengatakan jika doa setelah adzan memiliki beberapa keutamaan sebagai berikut:

1. Mendapatkan Syafaat

Syafaat atau pertolongan merupakan hal yang diinginkan oleh semua umat muslim. Sesuai sabda Rasulullah, seorang muslim belum tentu bisa masuk ke Surga melainkan karena mendapat syafaat, Kawula Muda.

Seorang muslim yang rutin membaca doa setelah adzan akan mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Nabi SAW.

2. Doanya Dikabulkan Oleh Allah SWT

Salah satu waktu yang mustajab atau waktu yang mudah dikabulkannya doa adalah di antara azan dan iqamah.

Oleh karena itu, doa setelah adzan memiliki salah satu keutamaan, yakni doanya dikabulkan oleh Allah SWT.

3. Menjadi Saksi Bagi Muadzin

Muadzin atau seorang yang mengumandangkan adzan memerlukan saksi jika ia telah mengumandangkan adzan, Kawula Muda. Doa setelah adzan dapat menjadi saksi bahwa seorang Muadzin telah mengumandangkan adzan.

Kawula Muda, itulah bacaan doa setelah adzan yang perlu lo amali agar bisa mendapat keutamaan dari membaca doa setelah adzan.

Berita Lainnya