Doa Sholat Tahajud, Bacaan dan Keutamaannya bagi Mereka yang Ingin Mendekatkan Diri kepada Allah

Kawula Muda biasa baca doa sholat tahajud enggak?

Doa sholat tahajud, bacaan, dan keutamaannya untuk mendekatkan diri kepada Allah (UNSPLASH)
Tue, 28 Mar 2023

Doa sholat tahajud menjadi sebuah pelengkap yang menyempurnakan sholat umat Islam. Jika terbiasa mengerjakan sholat di sepertiga malam, bisa disebut dengan predikat orang yang sholeh.

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Bahwasannya Rasulullah SAW pernah ditanya, "Apakah sholat yang lebih utama sesudah sholat lima waktu? Beliau menjawab, 'Sholat malam'," (HR. Muslim).

Berikut adalah doa setelah sholat tahajud lengkap dengan zikir, serta keutamaannya.

Zikir Selesai Sholat Tahajud

Doa sholat tahajud, bacaan, dan keutamaannya untuk mendekatkan diri kepada Allah (UNSPLASH)

Selesai salam, disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar. Mengingat segala kebaikan Allah SWT melalui serangkaian zikir. Setidaknya 100 kali.

Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah.

Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah.

Takbir: Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.

Istighfar pendek: Astaghfirullah, artinya, aku mohon ampun kepada Allah.

Dapat ditambahkan dengan sayyidul istighfar, yang kerap dilantunkan oleh Rasulullah SAW, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu."

Waktu Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam, minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktu sholat tahajud sejak setelah sholat Isya hingga terbit fajar.
Waktu sholat tahajud terbagi menjadi tiga, sesuai keutamaannya, yaitu:

1. Waktu utama : sepertiga malam pertama, kira-kira dari jam 7 malam atau sesudah sholat Isya sampai dengan jam 10 malam.

2. Waktu lebih utama : sepertiga malam kedua, kira-kira dari jam 10 malam sampai jam 1 pagi.

3. Waktu yang paling utama : sepertiga malam yang ketiga, kira-kira dari jam 1 pagi hingga masuk waktu sholat Subuh.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa sholat tahajud, bacaan, dan keutamaannya untuk mendekatkan diri kepada Allah (UNSPLASH)

Jika mengerjakan sholat Tahajud pada sepertiga malam yang pertama dan kedua, Kawula Muda bisa pergi berbaring kembali sembari membaca ayat kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Sementara itu, jika ditunaikan di sepertiga malam yang ketiga, sambil menunggu azan Subuh berkumandang. Banyaklah zikir dan berdoa menyampaikan segalanya pada Allah. Curahkanlah segala kepenatan dan keinginan yang diharapkan.

Berikut ini doa selesai sholat tahajud:

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sa‘atu haq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.


Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Keutamaan Sholat Tahajud

Menunaikan sholat tahajud terasa sempurna jika dilengkapi dengan doa dan zikir, Kawula Muda.

Berikut ini beberapa keutamaan mengerjakan sholat tahajud secara istiqomah:

1. Diangkat Derajatnya oleh Allah

"Sesuai dalam penggalan ayat kitab suci al-Quran, "Dan pada sebagian malam hari salat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra : 79).

2. Mendapat Kemuliaan dari Allah SWT

"Nabi Muhammad SAW bersabda: Jibril mendatangiku dan berkata, Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah salat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain." (HR. Al Baihaqi).

3. Dimudahkan Masuk Surga

Rasulullah SAW menyampaikan pada Abdullah Ibnu Muslim mengenai keistimewaan salat tahajud.

"Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah salat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).

4. Kelak Mendapat Taman Surga yang Diimpikan

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." (QS. Az Zariyat: 15-18).

5. Dihapuskan Dosanya

"Biasakanlah dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa." (HR. Ahmad).

Demikianlah doa sholat tahajud, bacaan, dan keutamaannya bagi mereka yang ingin mendekatkan diri kepada Allah. Semoga bermanfaat.

Berita Lainnya