Fenomena Ghibli Vibes: Warna Hijau dan Suasana Sejuk Penuh Estetika

Lo termasuk jadi salah satunya, enggak?

Segala sesuatu yang berbau hijau dan alam kerap dikaitkan dengan Ghibli oleh Warganet akhir-akhir ini (ANAM CHENEL)
Wed, 14 Dec 2022


Kawula Muda, siapa yang akrab dan sudah menonton film-film atau anime Studio Ghibli? Yes, Studio Ghibli atau yang akrab disebut Ghibli ini memang memiliki ciri khas yang akan melekat dengan para penontonnya. Sebut saja film My Neighbour Totoro (1988), Spirited Away (2001), Howl’s Moving Castle (2004), dan Ponyo (2008). Beberapa film Ghibli tersebut sukses menjadi ikon yang fenomenal hingga kini.

Tidak heran hal tersebut membuat Ghibli memberikan level estetika yang berbeda, Kawula Muda. Mulai dari tone warna yang khas, cerita imajinatif nan menghangatkan hati, serta karakter yang melekat.

via GIPHY

Animator sekaligus sutradara utama Studio Ghibli, Miyazaki dan Takahata yang berbasis di Tokyo menyebutkan bahwa pemilihan nama Ghibli (Kabushiki-gaisha Sutajio Jiburi) karena terinspirasi fenomena angin yang melintasi Mediterania, dari Gurun Sahara ke Eropa sisi selatan. Angin yang berhembus ini dinamai Sirocco, dalam Bahasa Libya dikenal dengan nama Ghibli.

Keduanya berharap studio kreatif mereka mampu membawa angin baru yang segar bagi dunia kartun Jepang yang dianggap sempat dianggap kurang menyentuh pada tahun 80an. 

Tampaknya, keduanya sukses merealisasikan hal tersebut, Kawula Muda. Hingga kini, Ghibli sukses menyamai beberapa studio animasi besar hingga memenangkan piala Oscar. 

Pasalnya, Ghibli juga sukses membuat Warganet Indonesia tergila-gila, nih. Bahkan, akhir-akhir ini Warganet kerap mengaitkan segala sesuatu dengan warna hijau, rumput, buku-buku lawas, hingga model pria idaman dengan "Ghibli".

Kawula Muda, Familiar dengan ungkapan ‘Ghibli vibes banget!’ atau ‘Cowok Ghibli’?

Para Karakter Laki-Laki Ghibli, Disebut-sebut sebagai Tipe Idaman Para Wanita (TWITTER)

Diketahui, ungkapan tersebut memang ditujukan untuk segala sesuatu yang mengingatkan Warganet dengan Ghibli. Sebut saja rumput, hal-hal berwarna hijau atau berwarna lembut, hingga suasana perpustakaan yang menenangkan.

Dian Sastrowardoyo misalnya, awal tahun ini Dian mengunggah beberapa sudut rumahnya yang tampak asri dengan aksen rumput, warna putih, dan buku-buku yang rapi. Sontak Warganet langsung ramai mengatakan bahwa rumah Dian adalah rumah yang ‘Ghibli banget!’.

Tidak sampai di situ, baru-baru ini pembahasan mengenai ‘Cowok Ghibli’ ramai dibicarakan terutama dalam platform TikTok. Warganet rupanya membahas tipe-tipe cowok idaman berdasarkan karakter cowok-cowok dalam universe Ghibli.

Warganet bahkan tidak segan menyamakan gaya berpakaian para idola mereka dengan karakter cowok Ghibli.

Menariknya, tidak sedikit yang terlalu mengaitkan segala sesuatu tentang Ghibli, Kawula Muda. Bahkan, beberapa di antaranya membuat sebagian besar orang bertanya-tanya dengan fenomena tersebut.

Studio Ghibli Nature (YouTube/HBO Max)

  

Pasalnya, tidak hanya lelaki idaman, warna hijau, rumput, dan baju vintage yang dikaitkan dengan Ghibli. Beberapa Warganet bahkan mengaitkan air dan suasana selepas hujan menjadi sesuatu yang 'Ghibli banget'!

Bisa dikatakan suasana yang dikaitkan dengan Ghibli Vibes ini hampir serupa tema earth tone. 

Earth tone sendiri adalah kombinasi warna yang dinilai natural dari alam seperti berbagai unsur di hutan, pedesaan, dan danau. Mudahnya, warna earth tone dan Vibes Ghibli biasanya terdiri dari warna yang bisa dikaitkan dengan unsur coklat, bisa saja hijau daun, biru awan mendung, dan coklat tanah.

Studio Ghibli Nature (YouTube/HBO Max)

 

Lo sudah menemukan Ghibli Vibes apa saja di sekitar lo, Kawula Muda?

Berita Lainnya