Hollywood Walk of Fame, Trotoar Bertabur Bintang di Amerika Serikat!

Kawula Muda, nama kamu juga bisa terpampang di Hollywood Walk of Fame!

Avril Lavigne saat menerima plakat di Hollywood Walk of Fame. (INSTAGRAM/HWDWALKOFFAME)
Sat, 01 Oct 2022

Hollywood Walk of Fame merupakan tempat paling hits di Amerika Serikat. Trotoar panjang berisi sejumlah nama bintang dunia ini telah menjadi salah satu daya tarik wisata di Hollywood.

Nama para selebritas terukir indah di sebuah plakat berbentuk bintang dan terpasang di sepanjang trotoar yang terletak di Hollywood Boulevard hingga Vine Street di Los Angeles, Amerika Serikat.

Landmark yang berada di trotoar itu memiliki panjang 3,5 mil atau setara dengan 5,6 kilometer.

Hollywood Walk of Fame dibuat pada 1958 oleh seorang seniman lokal bernama Oliver Weissmuller. Sedangkan sutradara beken Amerika Serikat bernama Stanley Earl Kramer menjadi orang pertama yang namanya disematkan di Hollywood Walk of Fame.

Hingga saat ini, paling tidak sudah ada lebih dari 2.500 plakat berisi nama sejumlah tokoh dan juga bintang dunia yang terpasang di sepanjang trotoar. Setiap tahunnya, paling tidak ada sekitar 25 plakat baru yang dipasang di Hollywood Walk of Fame sebagai bentuk penghormatan pada sejumlah tokoh terkenal.

Selebritas terpilih

Kelly Clarkson di Hollywood Walk of Fame. (INSTAGRAM/HWDWALKOFFAME)

 

Selebritas serta tokoh terkenal yang namanya terukir dalam plakat Hollywood Walk of Fame bukan dipilih secara sembarangan. Siapa saja orang yang namanya akan diukir di plakat berbentuk bintang itu ditentukan oleh sebuah organisasi bernama Hollywood Chamber of Commerce.

Secara teknis, siapa pun bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan plakat. Tapi, mereka harus memenuhi sejumlah kriteria dan persyaratan. Selain memiliki reputasi baik, para selebritas itu juga telah menerima sejumlah penghargaan.

Siapa pun tokoh yang terpilih harus mau menandatangani perjanjian yang berisi komitmen bahwa mereka akan menghadiri upacara penyerahan plakat. Sejumlah sumber menyebutkan bahwa untuk bisa menorehkan nama di plakat tersebut tidak gratis, lho!

Para tokoh terpilih tersebut harus membayar paling tidak sekitar Rp 400 juta yang uangnya akan digunakan untuk pembuatan dan perawatan plakat supaya tetap berkilau.

Karakter animasi di Walk of Fame

Di Hollywood Walk of Fame ini selain selebritas sejumlah nama tokoh dunia seperti atlet hingga astronot juga pernah terpilih dan namanya dipasang di plakat tersebut.

Tiga astronot yaitu Neil Armstrong, Edwin Buzz Aldrin Junior, hingga Michael Collins namanya juga terpampang di plakat dengan bentuk lain. Plakat untuk ketiga astronot ini bentuknya tidak bintang melainkan lingkaran. Bahkan nama pesawat yang mereka tumpangi yaitu Apolo 11 serta tanggal pendaratan yaitu pada 20 Juli 1969 juga tercantum dalam plakat tersebut.

Plakat untuk ketiga astronot ini diberikan sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar mereka pada Amerika dan dunia karena telah melakukan pendaratan di bulan. Misi mereka tersebut juga telah memberikan kontribusi besar pada industri televisi dengan pemasangan satelit.

Selain itu, ada pula nama beberapa tokoh fiksi yang terpasang di plakat Walk of Fame. Pada 1978, di ulang tahunnya yang ke-50, Mickey Mouse mendapat hadiah plakat di trotoar hits tersebut dan menjadi karakter animasi pertama yang mendapatkan penghormatan di Walk of Fame.

Pada 1985, karakter Bugs Bunny menjadi tokoh selanjutnya yang mendapatkan plakat. Lalu ada pula Donald Duck, Tinker Bell, The Simpsons, hingga Godzilla. Bahkan Godzilla menjadi monster pertama yang menerima plakat Walk of Fame pada 2004.

Ada pula plakat Walk of Fame yang berbeda. Plakat ini dimiliki oleh atlet tinju legendaris, Muhammad Ali. Berbeda dari plakat lainnya yang diletakkan di trotoar, plakat milik Muhammad Ali justru dipasang di dinding.

Ali menolak untuk meletakkan plakat namanya di trotoar karena tak ingin namanya diinjak-injak oleh orang yang tidak menyukainya. Belum lagi ada nama Muhammad yang tersemat di namanya. Plakat Muhammad Ali dipasang di dinding Dolby Theatre sejak 2002.

Plakat Walk of Fame

Daniel Craig saat menerima Hollywood Walk of Fame. (INSTAGRAM/HWDWALKOFFAME)

 

Walaupun terletak di trotoar, plakat-plakat yang berada di Walk of Fame selalu terlihat mengkilat dan bersih. Ini karena adanya perawatan secara berkala dari pengelola tempat tersebut.

Selain itu, ada pula penggemar yang terlalu sayang pada bintang idolanya hingga rela untuk membersihkan plakat mereka. Biasanya para penggemar itu membawa kain lap dan alat pembersih lainnya untuk membersihkan plakat bertuliskan nama bintang favorit mereka.

Nah, Kawula Muda, ternyata enggak cuma selebritas ternama saja yang bisa punya plakat bertuliskan namanya di Hollywood Walk of Fame, lho! Kalau Kawula Muda mau juga bisa untuk membuat plakat sendiri dengan nama masing-masing.

Tapi plakat ini enggak selamanya terpasang di trotoar hits itu ya. Plakat bintang dengan tulisan nama kamu hanya bisa untuk kebutuhan foto saja alias enggak permanen.

Jadi, setelah selesai difoto, huruf-huruf yang terpasang di plakat akan dilepas lagi. Seru juga ya? Mudah-mudahan akan ada tokoh asal Indonesia yang namanya bisa terpampang di plakat bintang Hollywood Walk of Fame ini, ya!

Berita Lainnya