Hunting Takjil Semakin Sengit, Muncul Jalur Calo untuk War Takjil

Makin susah aja ini nyari takjil

Ilustrasi muncul jalur calo untuk war takjil (TikTok/putrisihaloho)
Mon, 25 Mar 2024


Memasuki pertengahan Ramadan 2024, antusiasme berburu takjil masih menyala, hingga war takjil yang semakin hari semakin sengit nih, Kawula Muda.

Sampai-sampai kini war takjil harus menggunakan jalur calo agar bisa mengamankan camilan sebelum berbuka puasa tersebut.

Hal tersebut bisa dilihat dari antrean kolak di Mangga Besar, Jakarta yang viral di sosial media.

Akun TikTok @putriisihaloho, membagikan sebuah video yang memperlihatkan antrean war takjil. Lebih lanjut akun tersebut mengatakan bahwa muncul jalur calo war takjil akibat antrean yang panjang.

"Udah antri dari jam 02.00 WIB sampai jam 4.30 WIB blm datang juga abangnya, jadinya muncul jalur calo buat diambil besok sore," tulis keterangan dalam video yang diunggah Rabu, (20/3/2024).

@putriisihaloho udah antri dari jam 02.00 WIB sampai jam 4.30 WIB blm datang juga abangnya, jadinya muncul jalur calo buat diambil besok sore. #takjilmabes #takjilmanggabesar #takjilviral #fyp #takjilramadhan ♬ Rindu Muhammadku - Haddad Alwi

Dalam video tersebut, tampak seorang pria menerima kertas dan uang yang diduga akan dipakai membeli kolak tersebut.

Pria tersebut terlihat seperti mengumpulkan uang dari orang-orang sedang mengantre takjil, lalu kemudian mencatat pesanan orang-orang tersebut.

Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut telah mencatat 1,3 juta penayangan, dan mengundang berbagi komentar netizen.

Sebelumnya, tren war takjil ini cukup ramai diperbincangkan netizen Indonesia, di sosial media, lantaran masyarakat non Islam justru turut meramaikan tren ini.

Pasalnya, mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan, justru paling semangat mencari takjil di sore hari.

Gak cuma itu, beberapa orang bahkan ikut ngabuburit dengan berjalan-jalan santai keluar rumah di sore hari, agar bisa mendapatkan takjil yang enak, Kawula Muda.

Banyak dari mereka yang mencuri start untuk ikut berburu aneka hidangan takjil, Kawula Muda. Bahkan, para konten kreator dan selebriti terkenal pun ikut meramaikannya.

Takjil sendiri merupakan camilan yang biasa disantap umat Islam saat buka puasa.

Mengutip buku Ensiklopedia Islam karya Hafidz Muftisany (2021), takjil dalam bahasa Arab berarti “menyegerakan”. Sementara itu, Islam mengenal takjil sebagai hidangan ringan yang dikonsumsi untuk menyegerakan berbuka puasa.

Di Indonesia sendiri, ada beragam jenis takjil yang dijual di pinggir jalan, seperti kolak, es timun suri, sop buah, risol, lontong, dan lain-lain.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya