Viral Tren Masyarakat Non Islam Berburu Takjil di Bulan Ramadan

Seru banget jadi war takjil

Ilustrasi tren masyarakat non Islam berburu takjil di bulan Ramadan (Kompas/Joy Andre T)
Tue, 19 Mar 2024


Bulan Ramadan jadi salah satu bulan yang sakral bagi umat Islam, Kawula Muda.

Kendati jadi bulan yang sakral, bulan Ramadan kerap dipenuhi hal unik setiap tahunnya, yang bahkan dirasakan umat non muslim.

Tahun ini ramai tren berburu takjil yang dibuat oleh netizen non Islam (nonis) di bulan Ramadan tahun ini.

Sebelumnya beredar di sejumlah platform media sosial dimana para muslim mengaku kehabisan takjil di sejumlah tempat, entah hanya tersisa gorengan dingin hingga risol patah.

Tren nonis berburu takjil ini cukup unik, pasalnya, mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan, justru paling semangat mencari takjil di sore hari.

Ilustrasi tren masyarakat non Islam berburu takjil di bulan Ramadan (Dokumentasi Kominfotik Jakarta Timur)

Gak cuma itu, beberapa orang bahkan ikut ngabuburit dengan berjalan-jalan santai keluar rumah di sore hari, agar bisa mendapatkan takjil yang enak, Kawula Muda.

Banyak dari mereka yang mencuri start untuk ikut berburu aneka hidangan takjil, Kawula Muda. Bahkan, para konten kreator dan selebriti terkenal pun ikut meramaikannya.

Banyak yang menilai positif tren ini, baik umat Islam maupun umat agama lain menganggapnya sesuatu yang lucu dan fun. Sehingga banyak yang memandangnya sebagai fenomena yang mencerminkan toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Takjil sendiri merupakan camilan yang biasa disantap umat Islam saat buka puasa.

Mengutip buku Ensiklopedia Islam karya Hafidz Muftisany (2021), takjil dalam bahasa Arab berarti “menyegerakan”. Sementara itu, Islam mengenal takjil sebagai hidangan ringan yang dikonsumsi untuk menyegerakan berbuka puasa.

Di Indonesia sendiri, ada beragam jenis takjil yang dijual di pinggir jalan, seperti kolak, es timun suri, sop buah, risol, lontong, dan lain-lain.

Lo paling suka cemilan takjil apa, Kawula Muda?

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya