Ingin Hidup Lebih Bahagia? Coba Deh Digital Detoks Setiap Hari

Hai Kawula Muda, cobain digital detoks yuk!

Ilustrasi detoks dari smartphone. (FREEPIK)
Thu, 15 Sep 2022


Perangkat digital sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita saat ini. Smartphone, laptop, tablet, komputer, dan sebagainya, selalu menjadi andalan kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari, baik itu untuk urusan sekolah, pekerjaan hingga belanja sekalipun.

Akibatnya, setiap hari kita dijejali dengan berbagai informasi yang mengarus lewat internet. Sejajar dengan itu, hidup kita seolah terperangkap dalam ruang maya.

Faktanya, penggunaan perangkat digital yang berlebihan, ternyata dapat menimbulkan stress, mengganggu atau mengurangi kualitas tidur, dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan mental seseorang, perasaan terhubung secara terus-menerus dapat mempengaruhi work-life balance, menimbulkan perbandingan sosial, dan membuat seseorang merasa tertinggal.

Lantas, bagaimana cara kita mengatasinya? Untuk mencegah terjadinya kondisi-kondisi tersebut, kita dapat melakukan satu aktivitas ini yang disebut digital detox.

Digital detox merupakan periode waktu dimana seseorang tidak menggunakan perangkat teknologi seperti smartphone, televisi, komputer, tablet, dan media sosial untuk sementara waktu.

Ilustrasi detoks dari smartphone. (FREEPIK)

 

Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu peroleh dengan melakukan digital detox setidaknya empat jam dalam sehari.

1. Membuat lebih tenang

Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan, istirahat menggunakan perangkat digital selama beberapa jam dalam sehari bisa berdampak sangat signifikan terhadap tingkat stres dalam tubuh kita. Dampak positif ini bisa berupa fokus yang meningkat, lebih menikmati hidup, serta lebih perhatian terhadap segala sesuatu di sekitar.

2. Meningkatkan produktivitas

Pada saat memulai proses detox digital, kamu bisa lebih menyadari berapa banyak waktu yang terbuat ketika bermain gawai atau ponsel. Melakukan digital detox bisa membuatmu lebih produktif karena kamu bisa lebih fokus terhadap pekerjaan yang kamu lakukan.

3. Lebih fokus pada diri sendiri

Suka atau tidak, media sosial bisa membuat kita terlalu terfokus dengan berbagai hal lain yang berada jauh dari kita. Dengan melakukan digital detox, kita menjadi tidak perlu melihat dan mencemaskan berbagai hal yang ada di luar tersebut dan lebih fokus pada dirimu sendiri.

4. Lebih sehat

Menggunakan ponsel dan gawai dalam waktu lama sepanjang hari tentu bisa menyebabkan masalah pada fisik kita, terutama mata menjadi kering, nyeri punggung, dan masalah kesehatan lainnya.

Digital detox akan menjadi cara untuk mengurangi sejumlah dampak tersebut pada tubuh. Jika dilakukan secara rutin tentunya akan berdampak sangat baik pada tubuh serta mencegah masalah kesehatan lebih jauh.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Tubuh dan otak kita butuh keseimbangan antara beraktivitas dan istirahat. Penggunaan perangkat digital dalam waktu terlalu lama bisa mengganggu siklus tidur yang kita miliki. Sehingga menyebabkan munculnya gejala insomnia dan kualitas tidur yang memburuk.

Oleh karena itu, melakukan digital detox akan sangat membantu meningkatkan kualitas tidur kita, hingga bisa beraktivitas dengan optimal setelahnya.

Nah Kawula Muda, ternyata menjauh beberapa saat dari perangkat digital alias digital detox bisa membuat hidup kita lebih bahagia. Mau coba?

Berita Lainnya