Ini Dia ATM Tertinggi di Dunia, Letaknya di Atas Ketinggian 4.693 mdpl!

Kawula Muda, mau coba tarik uang di ATM ini?

ATM tertinggi di dunia terletak di ketinggian 4.693 mdpl. (ATLAS OBSCURA)
Sat, 29 Oct 2022

Kawula Muda, apa jadinya ya kalau lagi butuh uang tapi mesin Anjungan Tunai Mandiri alias ATM terletak di ketinggian lebih dari 4.000 mdpl? Pasti auto mundur enggak jadi ya? Tapi ternyata, memang ada loh mesin ATM yang terletak di ketinggian lebih dari 4.000 mdpl.

ATM yang terletak di Pakistan ini menjadi yang tertinggi di dunia dan mendapatkan pengakuan dari Guinness World Record. ATM Khunjerab Pass ini berjarak sejauh 87 kilometer dari lokasi National Bank of Pakistan (NBP) yang memiliki mesin tersebut.

ATM ini didirikan sejak 2016 oleh NBP dan melayani sejumlah kecil penduduk, staf perbatasan, dan juga para turis yang berpetualang di daerah tersebut.

Melansir dari bbc.com, ATM tertinggi di dunia ini tepatnya berada di perbatasan Khunjerab Pass antara China dan Pakistan, di provinsi bagian utara Pakistan, Gilgit-Baltistan.

ATM ini berdiri kokoh di atas ketinggian 4.693 meter di atas permukaan laut. Sebagai gambaran, puncak tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya, hanya sekitar 191 meter lebih tinggi.

Jadi sudah terbayang dong ya, betapa tingginya letak ATM ini. Tempat berdirinya ATM ini juga menjadi jalanan beraspal tertinggi di dunia.

Untuk menuju ATM ini, harus melalui perjalanan yang cukup menantang karena letaknya yang terpencil dan di atas ketinggian. Menuju ke sana harus melewati daerah pedalaman yang tertutup salju tebal, hingga masuk ke Taman Nasional Khunjerab yang menjadi rumah bagi berbagai satwa liar salah satunya macan tutul.

Sama seperti pada umumnya, ATM yang dioperasikan memakai tenaga surya dan angin ini juga memiliki fungsi yang sama. ATM ini bisa digunakan untuk menarik uang tunai, membayar tagihan listrik, dan melakukan transfer dana antar bank.

Membangun ATM di tempat yang sangat tinggi bukanlah hal yang mudah dan tentu saja menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Pembangunannya diperkirakan memakan waktu sekitar empat bulan. Untuk melakukan perawatan dan mengisi uang ATM, para pegawai bank NBP harus menempuh jarak sekitar 87 kilometer. Mereka harus menghadapi cuaca ekstrim, melewati gunung berbahaya, dan juga tanah longsor.

Menurut petugas pemantau ATM NBP Shah Bibi, dalam rentang 15 hari, biasanya uang yang ditarik dari ATM itu mencapai 4 hingga 5 juta rupee atau sekitar Rp250-330 juta. 

Para petugas pemantau ATM ini juga bertugas untuk memonitor dan menyampaikan data terkini ke cabang. Mereka juga harus mengatasi situasi darurat yang berkaitan dengan konektivitas satelit, cadangan tenaga surya, penarikan uang tunai, dan kartu macet. Pada tahun lalu, ATM tertinggi di dunia ini sempat mati karena diterpa angin kencang.

Tak sedikit orang bertanya, apa kegunaan mesin ATM di atas ketinggian. Namun, ATM tersebut memang sangat berguna, terutama untuk para penjaga perbatasan.

Para penjaga perbatasan ini bertugas menjaga wilayah tersebut selama 24 jam, 7 hari seminggu. Walaupun jumlah mereka tidak signifikan, mereka menetap di taman besar itu sendiri dan tidak memiliki media lain untuk mentransfer gaji mereka kepada orang-orang yang dicintai dan keluarga.

Kini, ATM itu bukan hanya sekedar mesin ATM biasa tapi juga satu obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Berbagai orang dari penjuru dunia yang datang ke sini pun saling berlomba untuk mengabadikan momen saat melakukan transaksi di ATM tersebut.

Kawula Muda, ada yang mau ambil uang di ATM tertinggi di dunia ini? 

Berita Lainnya