Ini Penyebab Remaja dan Dewasa Idap Insomnia

Kawula Muda, biasanya lo tidur malam jam berapa?

Foto ilustrasi. (FREEPIK)
Sun, 22 May 2022

Sering ditemukan remaja ataupun dewasa mengalami susah tidur di malam hari. Akibatnya, mereka tidur di atas jam normal. Apakah lo termasuk salah satunya?

Kesulitan tidur di malam hari disebut sebagai insomnia. Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit untuk tidur, walaupun ada cukup waktu untuk melakukannya.

Gaya tidur mencerminkan kepribadian seseorang. (FREEPIK)

 

Seharusnya, jika memiliki waktu tidur yang cukup, dapat membantu menambah stamina untuk memulai hari dan beraktivitas di sekolah ataupun di kantor.

Lalu, sebenarnya apa sih yang penyebab remaja dan dewasa sulit tidur di malam hari?

1. Pola tidur yang buruk

Penyebab Kawula Muda sulit tidur di malam hari bisa terjadi lantaran kebiasaan tidur yang buruk, seperti jadwal tidur yang tidak teratur juga aktivitas yang berlebihan hingga larut malam.

Kalau lo sudah terbiasa dengan penyebab ini, perlahan-lahan bisa kena insomnia, loh!

2. Pengaruh kafein, nikotin, alkohol

Apakah sebelum tidur lo minum kopi, alkohol, atau minuman dengan kafein lainnya? Nah, sulit tidur bisa dirasakan jika mengonsumsi minuman tersebut di malam hari.

Kafein mengandung stimulan yang tentu membuat tubuh terjaga. Selain itu, alkohol dapat membuat tidur namun bisa terbangun di tengah malam.

3. Mengalami stres

Penyebab ini paling umum dirasakan remaja dan dewasa. Jam-jam malam biasanya membuat orang memikirkan sesuatu yang akan datang bahkan sesuatu yang sudah terjadi.

Sebaiknya, lo harus menenangkan pikiran terlebih dahulu sebelum tidur, deh! Misalnya, menonton film favorit, mendengarkan lagu atau aktivitas lain yang membuat rileks.

4. Mengonsumsi obat-obatan

Obat-obatan menjadi salah satu pengaruh sulit tidur saat malam. Ada beberapa obat yang akan membuat tidur menjadi terganggu. Contohnya seperti obat asma, tekanan darah, atau juga produk penurut berat badan yang mengandung kafein dan stimulan.

5. Depresi

Terakhir, gangguan cemas berlebihan saat sebelum tidur malam bisa buat Kawula Muda terjaga.

Cara mencegah depresi ini, berlatihlah untuk mengurangi setiap pikiran negatif dengan menggunakan logika. Hal ini mampu mentoleransi perilaku yang lebih positif.

Itu dia beberapa penyebab sulit tidur yang umum terjadi pada remaja dan dewasa. Hindari perilaku di atas jika ingin memiliki tidur yang nyenyak di malam hari. Jika sudah merasa tidak terkontrol, segera atasi ya Kawula Muda agar tidak berlarut.

Berita Lainnya