Kampus di Inggris Tawarkan Rp 640.000 bagi Mahasiswa yang Berhenti Merokok

Di Indonesia ada juga ga ya?

Ilustrasi bungkus rokok. (FREEPIK)
Fri, 10 Jun 2022


Sebuah kampus di Inggris memiliki cara yang unik untuk menghentikan kebiasaan merokok bagi para mahasiswanya.

Perkenalkan, Barnsley College di South Yorkshire, Inggris, sebuah kampus yang bersedia membayar para mahasiswanya apabila berhenti merokok selama tiga bulan. 

Ilustrasi larangan merokok. (PIXABAY)

 

“Saya harap ini akan membantu anak muda untuk bebas rokok sejak dini,” ujar Caroline Makinson, juru bicara otoritas setempat, dikutip dari BBC pada Jumat (10/06/2022).

Adapun kampus tersebut juga menggandeng otoritas kota Barnsley untuk melangsungkan program tersebut.

“Studi menunjukkan insentif keuangan seperti ini adalah cara efektif untuk membantu orang berhenti merokok dan tetap berhenti, bahkan setelah program insentif berakhir,” lanjut Makinson.

Bagi mereka yang berhasil, maka akan diberikan gift voucher senilai 35 pound sterling atau sekitar Rp 640.000. 

Voucher tersebut pun dapat berlaku di 250 tempat sekitar Barnsley, termasuk Mark and Spencer, River Island, hingga Market Kitchen.

Sementara itu, organisasi kesehatan dunia WHO menyebut tembakau sebagai racun dunia. Hal itu dikarenakan sampah tembakau yang berbahaya tak hanya untuk manusia, melainkan juga lingkungan secara keseluruhan.

“Produk tembakau adalah yang paling banyak menjadi sampah di planet ini. Kandungan 7.000 bahan kimianya meresap ke dalam tanah lingkungan saat dibuang sembarangan,” kata Direktur Promosi Kesehatan WHO, Dr Ruediger Krech.

Berita Lainnya