Selain Taylor Swift, Ini Artis yang Pernah Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Kampus Ternama Dunia

Kawula Muda, alasan mereka dianugerahi gelar kehormatan karena kontribusi mereka di bidang seni.

Taylor Swift mendapatkan gelar doctor dari NYU (INSTAGRAM/taylornation)
Mon, 23 May 2022


Beberapa waktu lalu penyanyi sekaligus penulis lagu Amerika Serikat, Taylor Swift, mendapatkan gelar doktor kehormatan dari New York University di Amerika Serikat. Penyanyi yang pernah mendapatkan penghargaan Grammy Award ini dianugerahi gelar Doctor of Fine Arts.

Gelar kehormatan biasanya diberikan pada seseorang yang dinilai memiliki jasa atau pengaruh besar di bidang tertentu, meski penerima gelar tidak menempuh studi tingkat tinggi.

Ternyata sebelum Taylor Swift, sejumlah artis juga pernah mendapatkan gelar kehormatan dari universitas ternama. Siapa saja mereka?

Melansir dari People, berikut adalah sederet artis yang pernah mendapatkan gelar kehormatan dari sejumlah universitas ternama dunia:

1. Kanye West

Mantan suami Kim Kardashian ini pernah dianugerahi gelar doktor kehormatan dari School of the Art Institute of Chicago pada 2015. Padahal pria yang telah mengubah namanya menjadi Ye ini putus kuliah di usia 20 tahun demi mengejar mimpinya berkarier di dunia musik.

2. Celine Dion

Pada 2008, Celine Dion menerima gelar kehormatan Doctor in Music pertamanya dari Laval University di Quebec, Kanada. Kemudian pada Mei 2021, dia kembali dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Music dari Berklee College of Music.

3. Oprah Winfrey

Enggak cuma satu, Oprah Winfrey pernah menerima beberapa gelar kehormatan dari berbagai universitas ternama. Pada 2002, Oprah mendapatkan gelar kehormatan Doctor of Fine Arts dari Princeton University, Doctor of Humane Letters dari Duke University pada 2009.

Pada 2013, Oprah mendapatkan gelar kehormatan Doctor of Laws dari Harvard University. Pada 2011, University of the Free State di Afrika menganugerahi gelar doktor kehormatan atas jasanya terhadap pendidikan di negara tersebut.

4. Lionel Richie

Lionel Richie dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Music dari Berklee College of Music pada 2017.

5. Denzel Washington

Aktor ternama Denzel Washington pernah dianugerahi gelar doktor kehormatan dari University of Pennsylvania pada 2011.

6. Ben Affleck

Pada 2013, aktor Ben Affleck dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Fine Arts dari Brown University.

7. Justin Timberlake

Justin Timberlake menerima gelar kehormatan Doctor of Music dari Berklee College of Music pada 2019.

8. Meryl Streep

Sama seperti Oprah, Meryl Streep juga mendapatkan gelar kehormatan dari sejumlah universitas ternama. Setelah lulus dari Universitas Yale pada 1975, Meryl Streep dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Fine Arts pada 1983. Ia juga menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Dartmouth (2009), Universitas Princeton (2009), Universitas Harvard (2010), dan Universitas Indiana (2014).

9. Muhammad Ali

Muhammad Ali juga mendapatkan sejumlah gelar kehormatan diantaranya dari Mount Ida College (1994), Columbia University (1999), dan Muhlenberg College (2009). Pada 2007, petinju legendaris ini mendapatkan gelar kehormatan Doctor of Humanities dari Princeton University.

10. Ed Sheeran

Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris ini pernah menerima gelar doktor kehormatan dai University Campus Suffolk di Ipswich, Inggris pada 2015 atas kontribusinya di dunia musik. Padahal Ed Sheeran meninggalkan bangku sekolah di usia 16 tahun demi mengejar impiannya di dunia musik.

Berita Lainnya