Kasus-kasus Pembunuhan di Indonesia yang Belum Terpecahkan

Masih gak ada titik terangnya hingga saat ini, Kawula Muda!

Ilustrasi Pembunuhan (UNPLASH)
Wed, 10 Aug 2022


Kasus Brigadir J yang tewas ditembak secara misterius kini tengah diselidiki oleh pihak kepolisian. 

Walau begitu, terdapat benang rumit di balik kasus tersebut. Akibatnya, penyelidikan terhambat sehingga belum ditemukan titik terang hingga saat ini. 

Bukan hanya kasus Brigadir J, rupanya masih banyak kasus pembunuhan penuh misteri yang terjadi di Indonesia. Berikut beberapa di antaranya, Kawula Muda!

Pembunuhan Marsinah

Pada 8 Mei 1993, Marsinah yang merupakan seorang aktivis buruh PT Catur Putera Surya tewas di sebuah gubuk pematang sawah. Ia merupakan seorang aktivis yang bergelora dan vokal dalam memperjuangkan hak buruh. Sayangnya, hingga saat ini, dalang pembunuhan tersebut masih belum terungkap. 

Tewasnya Akseyna

Seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Akseyna Ahad Dori (Ace) tewas secara misterius pada 26 Maret 2015 di danau UI. Ia tewas dengan sejumlah luka lebam dan tas ransel berisi batu yang menyebabkan Ace tenggelam. Walau telah surati Komisi Kepolidian Nasional, kasus ini masih belum menemui titik terang terkait sang pembunuh. 

13 Aktivis pada Masa Soeharto

Menjelang reformasi, diketahui terdapat 23 aktivis yang hilang diculik. Dari angka tersebut, sembilan orang dilepaskan, satu orang dinyatakan meninggal, dan 13 aktivis lainnya hilang dan tidak memiliki kabar hingga saat ini.

Kasus Munir sang Pegiat HAM

Pembunuhan Munir yang terjadi pada 18 tahun silam masih menjadi misteri hingga saat ini. Ia merupakan seorang aktivis hak asasi manusia bahkan menjadi salah satu pendiri lembaga swadaya Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS). 

Munir diketahui diracun saat menaiki pesawat menuju Amsterdam pada 7 September 2004 lalu. Hingga kini, belum diketahui siapa yang menjadi dalang kematian Munir tersebut. 

Berita Lainnya