Kenali Ciri-ciri Penipu di Aplikasi Kencan seperti The Tinder Swindler!

Selalu hati-hati ya untuk Kawula Muda yang suka cari pacangan di aplikasi kencan.

Ciri-ciri penipu di aplikasi kencan. (unsplash/copperheadphotography)
Wed, 16 Feb 2022

Di zaman yang modern ini, kita sudah memiliki banyak sekali cari untuk menemukan pasangan baru. Tidak perlu blind date dan berharap dikenalkan oleh teman kalian, sekarang orang-orang lebih memilih untuk mencari pasangan idamannya melalui aplikasi kencan.

Walaupun aplikasi kencan banyak digemari, kita harus tetap hati-hati terhadap pengguna aplikasi kencan. Banyak orang yang menggunakan nama palsu, mencuri foto orang, atau bahkan mengambil identitas seseorang dan digunakannya untuk menggait lebih banyak orang di aplikasi kencan.

Bisa diakui memulai perkenalan kepada orang lain memang lebih gampang jika dilakukan melalui aplikasi kencan. Namun terkadang cara klasik seperti perkenalan di dunia nyata terlihat lebih aman dan dinilai lebih mudah untuk menentukan sifat dan niat dari orang tersebut.

Bagi kalian yang merasa lebih nyaman mencari pasangan melalui aplikasi kencan, Prambors akan kasih ciri-ciri dan beberapa tips untuk menghindari penipu di aplikasi kencan seperti 'The Tinder Swindler'!

1. Cross-check umur pengguna

Bukan hanya foto dan nama, biasanya penipu di aplikasi kencan suka mengubah umurnya menjadi lebih dewasa atau bahkan lebih muda. Mereka mengubah umur mereka dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan pengguna aplikasi kencan yang lebih mudah ditipu. Jika kalian merasa umurnya tidak sesuai dengan mukanya, lebih baik kalian coba cari tahu profil dia di media sosial lain. Benarkah umur dia sesuai dengan yang dicantumkan di aplikasi kencan?

Periksa umur pengguna aplikasi kencan sebelum memulai percakapan. (scholarlyoa.com)

 

2. Mengaku cinta secara tiba-tiba

Cinta pandangan pertama memang mungkin saja. Tapi kalau cinta pandangan pertama melalui aplikasi kencan? Sepertinya mencurigakan! 

Kalau kalian baru kenal lewat aplikasi kencan dan 'pasangan' kamu langsung akui cinta, kalian harus hati-hati. Bisa saja mereka menilai kamu sebagai seseorang yang kesepian dan butuh cinta, makanya mereka tiba-tiba bilang cinta supaya kamu jatuh ke pelukannya. Kalian harus lebih hati-hati dalam membuka perasaan kalian kepada orang yang tidak dikenal.

Curiga kalau ada yang akui cinta. (unsplash/Taylor Brandon)

 

3. Jangan mau dimintai uang dengan alasan apa pun!

Walaupun kalian sudah merasa nyaman dengan pasangan yang kalian temukan di aplikasi kencan, jangan pernah mau sewaktu mereka minta pinjam uang dengan alasan apa pun.

Logikanya kalau memang mereka sangat membutuhkan uang, seharusnya mereka tidak menghubungi seseorang yang baru mereka temui lewat dunia maya. Jika kalian melihatnya dari sudut pandang seperti itu, harusnya kalian langsung mundur dan memberhentikan hubungan kalian dengan orang tersebut.

Jangan mau pinjamkan uang ke orang di aplikasi kencan. (unsplash/Annia Spratt)

 

4. Tidak mencantumkan foto asli

Tidak perlu khawatir, sekarang kalian sudah bisa mendapatkan kebenaran mengenai foto orang di aplikasi kencan. Kalau kalian merasa orang tersebut menggunakan foto palsu atau mencuri identitas orang lain, kalian bisa langsung copy foto profilnya dan masukkan ke Google Search. 

Kalian bisa langsung tahu siapa sebenarnya pemilik asli foto tersebut! Kalau ternyata memang foto tersebut milik pengguna aplikasi kencan yang kamu temui, kita bisa lanjut ke tips berikutnya.

Pastikan dia menggunakan foto profil dirinya. (techcrunch.com)


5. Tata bahasanya jelek!

Kita tidak boleh menilai orang hanya dari segi pendidikannya. Tapi apakah kalian mau ditipu oleh orang yang tidak berpendidikan? Pasti malu! 

Maka dari itu, kalian harus memperhatikan seseorang dari cara bicara atau cara mengetiknya. Kalian juga bisa cari tahu sifat seseorang melalui tata bahasa nya, lho.

Perhatikan tata bahasa lawan bicaramu. (unsplash/bewakoofficial)


 


Mencari pasangan lewat aplikasi kencan online memang cukup sulit. Tapi tenang, bagi Kawula Muda yang masih jomblo, kalian bisa ikut Rekomendasi Jomblo Jumat (Rejojum) With Fres & Natural! 

Lewat Rejojum, kalian bisa dapat pasangan baru dan dinner romantis sambil diiringi suara merdu special guest Prambors! 

Yang lebih serunya lagi, kalian memiliki kesempatan untuk dapat uang tunai 10 juta rupiah!

Cara ikutannya sangat mudah! Bahkan lebih mudah dari membuat profil baru di aplikasi kencan. Kawula Muda bisa ikuti cara di bawah ini:

1. Follow IG @fresnnatural_id & @prambors dan daftarkan diri kamu pada formulir yang tertera dalam link https://www.pramborsfm.com/events/rejojum-x-fres-natural

2. Tunggu DM dari tim Prambors untuk cross-check data kalian.

3. Kalau sudah dihubungi, siap-siap buat pilih kandidat pasangan kamu secara live di Instagram @prambors & @fresnnatural_id

4. Dapatkan kesempatan memenangkan hadiah uang tunai Rp 10 juta dan exclusive intimate dinner sama pasangan kamu!

5. Ada Weekly Prize dengan total jutaan rupiah untuk penonton.

Menarik banget kan, Kawula Muda? Yuk langsung ikutan Rejojum With Fres & Natural!

Berita Lainnya