Kenapa Musik Bisa Mempengaruhi Mood Seseorang?

Kawula Muda tipe yang terpengaruh atau ngga?

Ilustrasi mendengarkan musik (UNSPLASH)
Sat, 09 Jul 2022

Kawula Muda, ternyata musik bisa mempengaruhi mood loh. Terdapat penelitian yang membuktikan jika musik  dapat berpengaruh pada suasana hati seseorang, penelitian lain juga menunjukkan musik bisa meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi anxiety.

Ternyata musik memberikan stimulus yang besar bagi otak sehingga mempengaruhi suasana hati Kawula Muda. Bahkan musik sedih pun bisa membuat pendengarnya menjadi merasa senang dan nyaman, seperti yang sudah dibuktikan oleh penelitian Universitas di Montreal, Amerika Serikat.

Menurut McGill dari Universitas di Montreal, mendengarkan musik bisa mempengaruhi mood Kawula Muda sebab musik membuat tubuh menghasilkan dopamine. Dopamine yang meningkat pada otak memberikan rasa senang bagi pendengarnya. Bahkan genre musik yang berbeda memberikan mood yang berbeda pula. 

Seperti jenis musik klasik yang membuat perasaan pendengarnya menjadi lebih tenang, serta dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak. Genre musik blues cocok bagi Kawula Muda yang sedang merasa gugup dan gelisah, sebab ritme pada musik blues memperlambat detak jantung sehingga menjadi lebih tenang. 

Dengan mendengarkan musik, beberapa hormon akan terpicu untuk keluar dan berperan dalam fungsi otak maupun kesehatan mental. Hormon yang terlepas seperti kortisol yang merupakan hormon stres, serotonin yang berhubungan dengan kekebalan tubuh, lalu oksitoksin berupa hormon yang menumbuhkan kemampuan untuk terhubung dengan orang lain.

Bahkan beberapa peneliti menyarankan terapi musik untuk mengobati penyakit mental serta meningkatkan kualitas hidup dan hubungan sosial bagi para penderita skizofrenia. Namun, penelitian lain menunjukkan jika mendengar musik sedih akan membuat perasaan penderita depresi menjadi lebih parah, sedangkan mendengar musik yang menyenangkan dapat memperbaiki mood seseorang maupun penderita depresi.

Selain itu, musik bisa membawa Kawula Muda untuk terhubung kembali dengan memori masa lalu. Kawula Muda dapat bernostalgia hanya dengan mendengarkan musik yang memiliki kenangan khusus dan menimbulkan emosi yang pernah lo rasakan. Musik menjadi memori yang paling tahan dalam salah satu fungsi otak, bahkan bagi pengidap dementia sekali pun. 

Berita Lainnya