Macam-macam Tradisi Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Ada yang lempar sofa sampai bawa-bawa koper kosong!

Ilustrasi tahun baru. (FREEPIK)
Sun, 31 Dec 2023

Memasuki hari terakhir di tahun 2023, beberapa orang mungkin sudah menyiapkan perayaan pergantian tahun untuk nanti malam, sebagian lagi mungkin sudah memiliki tradisi khusus di keluarga, atau tongkrongan setiap malam tahun baru.

Ngomong-ngomong soal tradisi tahun baru, beberapa negara di seluruh dunia punya tradisi yang unik buat ngerayain tahun baru loh Kawula Muda.

Penasaran negara apa aja yang punya tradisi perayaan tahun baru yang beda? Berikut daftar negara dengan tradisi perayaan tahun baru yang unik:

1. Afrika Selatan - Melempar Sofa

Ilustrasi Perayaan Tahun Baru di Afrika Selatan (iNews)

Salah satu tradisi perayaan tahun baru yang unik ada di Benua Afrika nih Kawula Muda!

Masyarakat di Afrika Selatan rupanya punya cara yang cukup nyentrik buat merayakan tahun baru, yakni dengan melempar sofa yang sudah rusak ke luar rumah lewat jendela.

Tradisi ini rupanya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih dilakukan sampai saat ini. Usut punya usut, melempar sofa dari jendela dianggap sebagai simbol untuk membuang semua masalah yang terjadi di tahun sebelumnya dan siap menyambut kebahagiaan di tahun yang baru.

2. Denmark - Melemparkan Piring

Ilustrasi Perayaan Tahun Baru di Denmark (wemimages/Shutterstock)

Gak mau kalah dengan Afrika Selatan, Denmark juga punya tradisi perayaan tahun baru yang cukup unik nih Kawula Muda.

Negeri para Viking ini punya cara sendiri untuk merayakan pergantian tahun. Masyarakat Denmark akan berkeliling sambil membawa piring yang sudah tidak terpakai. Piring itu kemudian akan dilemparkan sampai pecah tepat di depan pintu rumah teman atau kerabat dekat mereka.

Walaupun akan membuat situasi sekitar jadi berisik karena pecahan piring, tapi dengan semakin banyaknya piring yang pecah maka akan membuat mereka mempunyai banyak teman.

3. Kolombia - Berjalan-jalan Sambil Membawa Koper

Ilustrasi Perayaan Tahun Baru di Kolombia (Unsplash)

Ada juga tradisi pergantian tahun di Kolombia yang gak kalah aneh nih Kawula Muda. Masyarakat di sana biasanya menyambutnya dengan cara berjalan menggunakan koper kosong. Pada umumnya dilakukan di sekitar tempat tinggal mereka.

Mereka melakukan ini karena percaya jika hal itu bisa membawa kebaikan di tahun baru. Tidak hanya itu saja, mereka juga menganggap bahwa koper merupakan simbol untuk mengawali perjalanan yang menyenangkan di tahun yang baru.

4. Finlandia - Meramal Menggunakan Lelehan Timah

Ilustrasi Perayaan Tahun Baru di Kolombia (Vogue Scandinavia)

Satu lagi tradisi perayaan tahun baru yang unik dari negeri skandinavia, tepatnya di Finlandia.

Finlandia punya tradisi unik pada saat tahun baru yang dilakukan dengan cara meramal menggunakan lelehan timah. Masyarakat di sana percaya jika lelehan timah dapat meramal kejadian besar yang akan terjadi di tahun baru.

Biasanya mereka menggunakan baskom untuk melelehkan timah. Setelah timahnya mencair, hanya perlu menunggu beberapa saat hingga timah membentuk sebuah gambar. Jika timah membentuk gambar hati atau cincin, maka diartikan sebagai pernikahan.

Sedangkan jika menghasilkan gambar kapal, diartikan akan berkelana. Namun, jika mereka mendapatkan gambar babi, mereka akan sangat beruntung karena dianggap bakal menerima rezeki yang berlimpah di tahun baru.

5. Brasil - Mengenakan Celana Dalam Khusus


Ilustrasi Perayaan Tahun Baru di Brazil (REUTERS/Eric Gaillard)

Di Brasil, serta negara-negara Amerika Tengah dan Selatan lainnya seperti Ekuador, Bolivia, dan Venezuela, punya cara sendiri buat merayakan tahun baru nih Kawula Muda.

Mereka mengenakan pakaian dalam khusus pada malam tahun baru sebab dianggap beruntung. Warna yang paling populer untuk dipakai adalah merah, yang dianggap membawa cinta di tahun baru, sedangkan warna kuning dipercaya membawa uang bagi orang-orang.

So, lo ada rencana mau ke negara-negara tersebut buat ikutan tradisi perayaan tahun barunya, Kawula Muda?

Berita Lainnya