Mau Jadi Pengusaha di Usia Muda? Cek Ide Bisnis yang Cocok Buat Kamu dengan Modal Rp 10 Juta Saja!

Hai Kawula Muda, kapan lagi jadi bos muda?

Ilustrasi anak muda jadi pengusaha. (FREEPIK)
Tue, 27 Sep 2022


Sebuah survei bertajuk “2021 Asia Pacific Young Entrepreneurs Survey” menemukan bahwa 72 persen Generasi Z dan Milenial di Asia Pasifik bercita-cita untuk memiliki bisnis sendiri atau menjadi pengusaha.

Survei tersebut menunjukkan, hampir 9 dari 10 (87 persen) responden percaya bahwa usia terbaik untuk memulai bisnis adalah di bawah 40 tahun, dengan rata-rata usia terbaik diidentifikasi pada usia 27 tahun.

Survei itu melibatkan 4.093 orang kelompok Generasi Z dan Milenial (berusia 18-40) untuk mengetahui tren kewirausahaan di delapan negara yaitu Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, dan Vietnam.

Untuk jenis usaha yang paling diminati di Asia Pasifik, 50 persen responden tertarik membuka usaha jasa makanan dan 32 persen memilih untuk membuka usaha fashion.

Tingginya semangat untuk berwirausaha di kalangan pemuda Indonesia sebetulnya berita yang cukup menggembirakan di tengah kondisi global yang sedang krisis dan sulitnya mencari pekerjaan.

Ilustrasi thrifting. (FREEPIK)

  

Nah, buat kalian yang mau memulai usaha dengan modal tak lebih dari 10 juta, berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa dicoba.

1. Reseller online

Reseller online adalah sebuah kegiatan di mana kalian menjual kembali produk yang diperoleh dari supplier maupun penjual dengan harga yang lebih tinggi sehingga dapat memperoleh keuntungan. Produk yang dijual dipasarkan secara online atau daring.

Ada 3 keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha ini. Di antaranya yaitu tidak perlu repot-repot menyewa tempat, bisa berjualan barang apa saja (bervariasi), dan usaha ini dapat dijalankan dari mana saja.

2. Thrift shop

Beberapa tahun ini bisnis thrift shop atau menjual barang second sangatlah menjanjikan dan banyak digandrungi muda-mudi, terutama bagi para penggemar dunia mode. Selain pilihannya yang sangat bervariasi, harga barang thrift relatif miring dengan kualitas yang masih sangat bagus.

Sisi positifnya lagi, jika kalian memiliki taste yang bagus dalam bidang fashion maupun barang-barang unik, itu akan menjadi nilai plus serta ciri khas untuk toko kalian kelak.

3. Merchandise K-pop

Bukan rahasia umum lagi jikalau fans K-Pop rela merogoh kocek yang tidak sedikit demi barang-barang yang berkaitan dengan idola nya. Tentunya peluang ini dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha. Salah satunya yaitu dengan cara menjual album kpop, makanan Korea, dan merchandise K-Pop lainnya seperti photocard, light stick dan berbagai barang lainnya. Kabar baik lainnya ialah tidak perlu repot-repot untuk menyediakan stok barang terlebih dahulu, karena kalian bisa memulai usaha ini melalui sistem pre-order.

4. Frozen food

Selain banyak disukai masyarakat karena cara penyajiannya yang praktis, harga frozen food relatif terjangkau. Dengan modal usaha 10 juta, kalian sudah bisa memulai usaha dengan membeli freezer sampai dengan mengisi stok dari supplier. Dan karena frozen food ini tidak mudah basi, kalian juga dapat menjualnya secara online.

5. Pet shop

Gemar memelihara hewan? Memulai usaha pet shop mungkin bisa jadi pertimbangan. Ada banyak hewan yang bisa dijadikan peliharaan dengan modal yang tidak terlalu besar. Seperti halnya kucing, anjing, ikan, burung, maupun reptil. Jika kalian merasa tidak cukup pede untuk menjual hewan peliharaan, menyediakan perlengkapan atau kebutuhan hewan seperti makanan, vitamin, dan aksesoris bisa juga menjadi pilihan.

6. Franchise

Cukup dengan menyediakan lokasi yang strategis dan memilih franchise yang sesuai, kalian sudah dapat menekuni usaha yang satu ini! Ada banyak pemilik franchise yang mematok harga murah, bahkan di bawah 10 juta! Pastikan kalian melakukan riset berbagai franchise terlebih dahulu sebelum mantap memilih salah satunya ya.

7. Katering sehat

Industri makanan merupakan salah satu industri yang nyaris tidak pernah tergerus oleh waktu. Sebab, makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang mesti dipenuhi setiap hari. Karenanya, cobalah bisnis katering sehat. Apalagi jaman yang modern ini semakin banyak orang perduli akan pentingnya gaya hidup sehat.

8. Laundry kiloan

Kegiatan mencuci, menjemur, kemudian perlu disetrika dan dilipat, sangatlah menyita waktu. Dengan adanya usaha laundry kiloan, tentu akan sangat membantu mereka yang memiliki kesibukan tinggi, khususnya untuk para pekerja dan mahasiswa.

9. Berjualan hijab

Tidak hanya untuk menutup aurat, mengenakan hijab juga dapat membuat penampilan menjadi lebih fashionable. Bisnis yang satu ini dapat dikategorikan ke dalam usaha modal 10 juta karena modal yang diperlukan tidak banyak, kalian bisa memulainya dari small business atau skala kecil.

10. Kue kering

Salah satu bisnis usaha modal 10 juta yang cukup menjanjikan dan relevan dengan kemudahan akses saat ini ialah berjualan kue kering. Pasalnya, tekstur kue yang kering cenderung awet disimpan untuk waktu yang realtif lama dan kemudahan akses dalam berjualan online mendukung pemasaran produk ini menjadi lebih mudah.

Bagaimana Kawula Muda, tertarik mencoba berbisnis? Ayo, selagi masih muda!

Berita Lainnya