Berkenalan dengan Sosok Pengusaha Jalan Tol Jusuf Hamka, Crazy Rich yang Sederhana

Kawula Muda, yuk intip tips sukses Jusuf Hamka.

Pengusaha sukses Indonesia, Jusuf Hamka. (INSTAGRAM/JUSUF HAMKA)
Wed, 10 Aug 2022


Nama Jusuf Hamka sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ia dikenal sebagai sosok crazy rich yang sederhana. Walaupun kekayaannya berlimpah, tidak membuatnya suka pamer di media sosial dengan membeli barang-barang mewah.

Jusuf Hamka sendiri merupakan pria berdarah Tionghoa yang telah memutuskan menjadi mualaf pada usia 23 tahun. Dirinya memeluk agama Islam di bawah bimbingan dari ulama sekaligus sastrawan ternama Indonesia, Buya Hamka.

Di masa muda, dia pernah mengenyam pendidikan di sejumlah perguruan tinggi ternama, tapi tak ada yang tuntas.

Bukan karena kurang cerdas, cuma dia memang tak suka dengan formalitas. Meski tak punya ijazah formal, lelaki kelahiran Samarinda, itu tidak pernah minder dalam bergaul.

Buktinya, Jusuf Hamka pernah dekat dengan Keluarga Cendana dan sejak muda hingga kini berkarib dengan bos Artha Graha Tomy Winata.

Kekayaan Jusuf Hamka berasal dari bisnisnya di bidang jalan tol dalam kota. Dia adalah pengusaha sukses di bidang konstruksi.

Jusuf Hamka merupakan pemegang mayoritas saham PT Citra Marga Nusaphala Persada yang merupakan perusahaan di bidang operasional sejumlah tol besar di Indonesia.

Dari sana, Jusuf Hamka mengerjakan sejumlah proyek tol dengan nilai total sekitar Rp 25 triliun. Beberapa proyek di bawah PT Citra Marga adalah Harbour Road 2 di Jakarta senilai Rp16 triliun dan NS LINK di Bandung senilai Rp 9 triliun.

Memiliki kekayaan berlimpah, Jusuf Hamka justru memilih untuk tampil sederhana. Ia pun punya moto yang ditulisnya di media sosial. “Banyak duit jangan sombong, gak banyak duit jangan bohong, gak punya duit jangan nyolong.”

Jusuf pernah membagikan tujuh prinsip hidupnya yang dipegang teguh selama ini, untuk mencapai sukses.

Berikut tujuh prinsip Jusuf Hamka:

  • Punya mimpi dan mewujudkannya
  • Mensinergikan kemampuan terbaik di lingkungan sekitar
  • Bergaul dengan para senior dari berbagai kalangan
  • Selalu hormat kepada ibu-bapak
  • Amanah dan menepati janji
  • Selalu merasa bodoh dan mau belajar
  • Hidup dan berpenampilan sederhana

Bagaimana Kawula Muda? Semoga sosok Jusuf Hamka bisa menginspirasi Kawula Muda untuk menggapai sukses dan hidup penuh berkah.

Berita Lainnya