Menikmati Keindahan Alam Dieng, Destinasi Wisata Populer di Jawa Tengah

Cocok buat liburan rame-rame nih, Kawula Muda!

Ilustrasi keindahan Dieng (UNSPLASH/ANDRI HERMAWAN)
Sun, 28 May 2023

Dieng, sebuah kawasan dataran tinggi yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tidak hanya menawarkan wisata keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga memiliki makna sejarah yang kaya. 

Diketahui, Dieng adalah pusat kebudayaan Hindu yang penting di Jawa Tengah. Terdapat banyak candi yang dibangun pada masa tersebut, seperti Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, dan Candi Bima. 

Keindahan alam Dieng (UNSPLASH/EKO CAHYO)

 

Candi-candi ini merupakan bukti kejayaan kerajaan Hindu di masa lampau dan merupakan peninggalan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Meski kini dijadikan sebagai objek wisata, sebenarnya Dieng adalah gunung api vulkanik yang secara rutin dipantau Badan Geologi. Para ahli vulkanologi mencatat Dataran Tinggi Dieng telah terbentuk pada 3,6 juta tahun yang lalu hingga sekitar 2.500 tahun silam.

Mengutip laman resmi Dieng, terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata menarik dieng dan aktivitas yang dapat Kawula Muda lakukan di tempat tersebut. Mulai dari menikmati matahari terbit, menyusuri keindahan alam, hingga melihat kembali peninggalan nenek moyang. Berikut beberapa di antaranya ya, Kawula Muda! 

Menikmati Matahari Terbit di Dieng

Matahari terbit di Puncak Sikunir (INSTAGRAM/HALO DIENG)

 

Salah satu tempat populer untuk melihat pemandangan matahari terbit adalah Puncak Sikunir. Kawasan tersebut menjadi istimewa karena matahari akan tampak keemasan dari ketinggian 1.786 meter tersebut. 

Menyusuri Telaga Warna

Telaga Warna di Dieng (WIKIPEDIA)

 

Menyusuri telaga penuh warna juga menjadi pengalaman menarik tersendiri. Seperti namanya, telaga tersebut memang dapat memantulkan berbagai warna, mulai dari hijau, kuning, biru, hingga perak. Tempat ini pun cocok untuk berperahu bersama dan melihat warna-warna cantik yang dipantulkan permukaan telaga. 

Menikmati Sejarah Kompleks Candi Dieng

Kompleks Candi Dieng (WIKIPEDIA)

 

Apabila lo tertarik dengan sejarah, tidak ada salahnya juga apabila Kawula Muda menyusuri kompleks Candi Dieng yang luas. Salah satu yang populer yakni kompleks Candi Arjuna yang terdiri atas lima candi lainnya. Oh iya. Lo juga dapat mengunjungi Museum Kailasa serta menonton dokumenter lengkap tentang kompleks Candi Dieng di sini loh! 

Aktivitas Seru Vulkanik

Kawah Sikidang yang miliki senyawa belerang (TIKET)

 

Di sisi lain Dieng, terdapat pula pegunungan aktif di dekat daerah tersebut. Hal ini tentu cocok untuk Kawula Muda yang memiliki jiwa petualang. Salah satu rekomendasi yakni Kawah Sikidang yang memiliki senyawa belerang di dalamnya. Adapun kawah ini terletak di kawasan wisata Dieng zona 2 Kabupaten Banjarnegara.

Menjelajah Savana

Wisata savana luas di Lembah Semurup (CAHAYA SIKUNIR)

 

Ada pula sebuah savana luas di Dieng yang mirip seperti yang ada di Benua Afrika. Lokasi savana tersebut berada di Lembah Semurup. Sesampainya di sana, lo akan disambut dengan hamparan rumput luas berwarna coklat keemasan. Butuh perjalanan selama 45 menit dari Dukuh Karangsari untuk sampai ke tempat ini. 

Kuliner Wajib Dieng

Mie Ongklok, kuliner khas wisata Dieng (COOKPAD)

 

Terakhir, jangan lupa untuk mencoba kuliner wajib Dieng yakni Mie Ongklok ya, Kawula Muda! Mie ini terdiri atas mie kuning, daun kol, bumbu rempah-rempah, dan daun kucai, yang disiram kuah kental dan bawang goreng. Tentunya, Mie Ongklok akan lebih nikmat apabila disantap selagi panas.

Berita Lainnya