Pengertian Asimilasi dalam Sosial Budaya: Proses dan Dampaknya

Simak materi yang seru ini!

Pengertian Asimilasi dalam Sosial Budaya serta Proses dan Dampaknya (PIXABAY)
Thu, 10 Aug 2023

Asimilasi menjadi salah satu materi pembelajaran yang wajib dipahami. Tidak hanya menjadi materi pembelajaran sosial budaya, asimilasi juga akan diaplikasikan dalam kehidupan, terutama di era saat ini.

Oleh karena itu, Prambors akan menjelaskan pengertian asimilasi lebih lanjut. Tidak hanya pengertian, terdapat dampak asimilasi, contoh asimilasi, hingga proses asimilasi dalam sosial budaya.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini agar lo lebih mengenal apa itu asimilasi!

Pengertian Asimilasi

Pengertian Asimilasi dalam Sosial Budaya serta Proses dan Dampaknya (UNSPLASH)

Secara harfiah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, asimilasi dalam konteks sosial adalah penyesuaian (peleburan) sifat asli yang dimiliki dengan sifat lingkungan sekitar.

Pengertian asimilasi sendiri adalah pembauran suatu kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

Asimilasi muncul apabila ada golongan masyarakat dengan latar belakang budaya yang berbeda dan bergaul langsung secara intensif dalam waktu yang lama.

Asimilasi juga bisa diartikan sebagai pembauran dua hukum budaya istiadat yang didampingi dengan hilangnya ciri khas hukum budaya istiadat asli, sehingga membentuk hukum budaya istiadat baru.

Melansir berbagai sumber, suatu asimilasi ditandai oleh usaha-usaha mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok. 

Untuk mengurangi perbedaan itu, asimilasi meliputi usaha-usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Asimilasi akan membuat sifat khas dari unsur kebudayaan beberapa golongan tersebut akan berubah menjadi unsur kebudayaan campuran.

Beberapa ahli juga mengungkapkan pengertian asimilasi. Berikut pengertian asimilasi menurut para ahli:

1. Koentjaraningrat (1996)

Asimilasi adalah suatu proses sosial yang terjadi pada berbagai golongan manusia dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda setelah mereka bergaul secara intensif, sehingga sifat khas dari unsur-unsur kebudayaan. Golongan-golongan itu masing-masing berubah menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran.

2. Soerjono Soekanto (1990)

Asimilasi adalah proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara individu atau kelompok yang meliputi usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindak, sikap, dan proses mental dengan memperhatikan tujuan dan kepentingan bersama.

3. Emile Durkheim

Asimilasi adalah proses di mana masyarakat yang berbeda secara bertahap menyesuaikan diri dengan nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam masyarakat yang lebih besar dan akhirnya membentuk kesatuan sosial yang lebih besar.

Proses Asimilasi dalam Sosial Budaya

Pengertian Asimilasi dalam Sosial Budaya serta Proses dan Dampaknya (UNSPLASH)

Asimilasi akan terbentuk jika dalam sebuah perkumpulan masyarakat terjadi proses sebagai berikut:

1. Terdapat perkumpulan masyarakat yang berbeda budaya.

2. Kelompok beda budaya yang saling berinteraksi rukun secara intensif dalam kurun waktu yang lama.

3. Kebudayaan dari masing-masing masyarakat mulai berubah kekhasannya. Seiring berjalannya waktu, kebudayaan ini tercampur menjadi kebudayaan yang baru. 

Dampak Asimilasi

Pengertian Asimilasi dalam Sosial Budaya serta Proses dan Dampaknya (GRAMEDIA)

Asimilasi tentu mengandung dampak positif dan juga negatif dalam masyarakat, berikut ini adalah penjelasannya:

Dampak positif asimilasi di antaranya mengurangi perbedaan, sebab asimilasi meliputi usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Sedangkan dampak negatif dari asimilasi adalah pudarnya kebudayaan asli akibat dominasi dari budaya mayoritas. Sebab terjadi unsur kebudayaan baru, hal ini akan mengubah sifat khas dan unsur kebudayaan yang dimiliki oleh golongan minoritas.

Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Asimilasi dalam Sosial Budaya serta Proses dan Dampaknya (TAMBAH PINTER)

Dampak asimilasi sendiri tentu dapat dirasakan. Adapun, berikut contoh dari asimilasi dalam kehidupan sehari-hari!

1. Munculnya musik dangdut dari hasil perpaduan antara musik tradisional daerah dengan musik India

2. Masyarakat Indonesia mengenakan pakaian bikini di pantai seperti turis asing di Bali

3. Kebiasaan dalam menggunakan sendok atau garpu untuk makan bagi sebagian masyarakat Indonesia

Pada awalnya, kebiasaan ini ditiru oleh kaum elite Indonesia dari masyarakat Eropa, namun saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan sendok atau garpu untuk makan

4. Peleburan antara kebudayaan Betawi dengan China yang menghasilkan kebudayaan baru, misalnya tari Cokek dan tari Lenong

5. Pernikahan antara dua etnis berbeda seperti Indonesia-Belanda atau Indonesia-Arab yang menyebabkan asimilasi di dalam keluarga

Kawula Muda, itulah segala hal yang harus lo ketahui tentang pengertian asimilasi. Semoga mudah dipahami, ya!

Berita Lainnya