Pembukaan Piala Dunia U-17 di JIS Disarankan Tidak Terlalu Spektakuler

Menpora RI imbau masyarakat tidak berharap tinggi pada pembukaan Piala Dunia U-17

Dito Ariotedjo selaku Menpora (INSTAGRAM/ditoariotedjo)
Thu, 10 Aug 2023

Dito Ariotedjo selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI menginginkan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS) untuk diselenggarakan tidak terlalu meriah atau spektakuler.

Dito mengungkapkan bahwa Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI menyampaikan bahwa pembukaan Piala Dunia U-17 digelar sesuai aturan dari pihak FIFA, yakni tidak boleh terlalu spektakuler. Karena setiap level baik dari Piala Dunia U-17, U-20 dan seniornya memiliki aturannya tersendiri.

Dito juga menyebutkan indikator spektakuler yang dimaksudkan oleh Pihak FIFA itu merupakan jumlah penonton dan konten acara selama penyelenggaraan ajang yang digelar tiap dua tahun tersebut. 

Dito juga akan membicarakannya lebih lanjut terkait topik tersebut setelah FIFA melakukan kunjungan lanjutan di akhir bulan Agustus mendatang.

“Dari jumlah penonton dan kayaknya dari konten kemeriahan acaranya juga dicek oleh FIFA. Saya belum dapat detail dari FIFA. Yang pasti ini dijaga betul agar tidak begitu spektakuler,” ungkap Dito.

Stadion Piala Dunia U-17 (PRAMBORS)

 

Setelah adanya kesepakatan venue Piala Dunia U-17 2023 tersebut, Dito mengungkapkan FIFA memiliki aturan terkait ceremony turnamen junior yang tidak perlu sebesar ajang Piala Dunia senior.

Dilansir dari CNN Indonesia, Dito saat ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta pada Rabu (09/08/2023) mengatakan, “Belum (ada detail agenda), kemarin dari inspeksi FIFA yang memberi catatan dan kita bereskan lagi. Nanti FIFA datang lagi dan barulah kita mempersiapkan opening dan closing.”

Diketahui, Dito juga akan melakukan pembatasan penonton demi memenuhi kriteria FIFA soal kemeriahan acara tersebut, dan dirinya akan mempertimbangkan terkait kemeriahan dari sisi penonton agar keputusannya dapat diambil dengan tepat.

Dito dan Erick juga berharap agar masyarakat tidak memberikan harapan yang tinggi pada kemeriahan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 seperti pertandingan seniornya atau Asian Games 2018 yang telah terlaksana di Indonesia.

Dito Ariotedjo (TWITTER/menlu_ri)

 

“Pembukaan akan ada di JIS, penutupan ada di Solo. Tapi ini pembukaan jangan berkonotasi seperti World Cup (senior). Jadi ini tidak sebesar itu,”

Diketahui, Piala dunia U-17 2023 akan dilaksanakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Selain itu, FIFA dan PSSI telah menyepakati empat stadion yang akan diselenggarakan untuk Piala Dunia U-17 2023, empat stadionnya sebagai berikut.

1. Jakarta International Stadium (JIS)

2. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

3. Stadion Manahan, Solo

4. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Berita Lainnya