Asal Mula Karaoke: Budaya Populer yang Berawal dari Hal Tidak Sengaja

Rasanya ingin karaoke tiap hari enggak sih, Kawula Muda?

Sejarah karaoke, asal mula kegiatan karaoke yang menyenangkan (GETTY IMAGES)
Thu, 13 Apr 2023

Salah satu kegiatan hiburan paling populer di dunia adalah karaoke. Tidak dapat dipungkiri, karaoke menjadi salah satu bentuk hiburan yang menyenangkan untuk dilakukan sendirian atau bersama orang lain.

Namun, tahukah Kawula Muda, jika karaoke berasal dari Jepang? Salah satu budaya asal Jepang yang mendunia ini kini menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan.

Untuk lo yang memiliki hobi atau menyukai karaoke, simak sejarah karaoke di bawah ini!

Sejarah dan Asal Mula Karaoke

Sejarah karaoke, asal mula kegiatan karaoke yang menyenangkan (HERO IMAGES)

Melansir How To Karaoke, karaoke berasal dari Jepang loh, Kawula Muda! Pada awalnya, kegiatan ini hanya mengacu pada penyanyi amatir yang bernyanyi diiringi instrumen musik.

Berasal dari Jepang, karaoke ternyata berarti dua kata dalam bahasa Jepang, Kawula Muda. ‘Kara’ berasal dari kata ‘karappo’ yang berarti kosong atau hampa. Sedangkan, ‘Oke’ berasal dari kata ‘okesutra’ yang berarti orkestra.

Faktanya, kata ‘karaoke’ ditemukan setelah dunia hiburan Jepang memasuki masa ‘mogok’ orkestra dan menggunakan mesin sebagai pengganti memainkan musik.

Siapa Penemu Mesin Karaoke?

Daisuke Inoue, penemu mesin karaoke. Daisuke Inoue menjadi bagian dari sejarah karaoke yang mendunia (SCMP)

Melansir Tempo, mesin karaoke pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971 oleh seorang musisi profesional bernama Daisuke Inoue.

Daisuke diketahui adalah seorang keyboardist yang biasa memainkan drum dan piano sebagai musik latar di sebuah klub sehingga penyanyi bisa bernyanyi sendiri.

Daisuke pada awalnya menerima permintaan para kliennya yang ingin tetap bernyanyi bersama musiknya, meski Daisuke sedang tidak tampil. 

Meski pada awalnya ia tidak melakukan ini untuk menghasilkan uang karena tidak mengetahui hak paten, pada tahun 2004 ia mendapat anugerah Nobel Peace Prize karena menciptakan karaoke, Kawula Muda.

Daisuke juga dinobatkan sebagai salah satu 'Orang Asia Paling Berpengaruh Abad Ini' oleh majalah Time.

Lambat laun, mesin karaoke yang melekat pada layar bisa menampilkan video musik dan lirik lagu. Tidak hanya itu, beberapa mesin karaoke bahkan memungkinkan untuk mengubah kecepatan dan nada musik agar sesuai dengan suara.

Sejak Kapan Karaoke Mulai Populer?

Setelah menjadi hit di Jepang pada akhir tahun 1970an, beberapa perusahaan besar mulai memproduksi materi karaoke, seperti Toshiba, Polydor, dan Columbia.

Lambat laun, karaoke menjadi semakin populer pada tahun 1980an setelah pembukaan bar karaoke pertama di Los Angeles.

Karaoke Masa Kini

via GIPHY

Kepopuleran karaoke semakin berkembang hingga kini. Perkembangan zaman juga membuat karaoke semakin populer dengan hadirnya perangkat pintar untuk karaoke di rumah.

Tidak hanya itu, hampir seluruh negara di dunia juga kerap menyelenggarakan kejuaraan karaoke. Bahkan, terdapat kejuaraan dunia karaoke loh, Kawula Muda.

Karaoke menjadi salah satu kegiatan untuk melepas penat sekaligus meningkatkan mood lo. Beberapa orang memilih untuk karaoke ketika patah hati, bahagia, atau bahkan hanya sekadar mengisi waktu.

Lo suka karaoke enggak, Kawula Muda?

Berita Lainnya