Rambut Gondrong hingga Selalu Apel Pagi, 5 Sekolah di Indonesia ini Miliki Aturan Unik!

Ada buat lo yang pengen rambut gondrong di kelas nih, Kawula Muda!

Ilustrasi Siswi Sekolah (Unsplash)
Wed, 28 Sep 2022


Setiap sekolah tentu memiliki aturannya masing-masing. Hal itu mengingat sekolah menjadi tempat belajar seorang siswa tidak hanya terkait akademik, melainkan juga non akademik dan sikap. 


Ilustrasi siswa. (FREEPIK)

 

Namun, terdapat sekolah memiliki aturan unik yang berlaku khusus di sekolah tersebut. Berikut beberapa di antaranya ya, Kawula Muda! 

SMAN 11 Tangerang

Merupakan sekolah militer, para siswa SMAN 11 Tangerang wajib botak dan memiliki rambut maksimal 1 cm selama tiga tahun. Di sisi lain, para siswi juga diwajibkan menggunakan celana panjang, alih-alih rok seperti sekolah menengah atas pada umumnya. Mereka juga diwajibkan menguncir rambut selama proses belajar mengajar berlangsung. 

Sekolah ini pun memiliki peraturan yang ketat. Setiap pagi, para murid harus sampai di sekolah maksimal pukul 6 pagi dan dilanjutkan dengan apel pagi. Selanjutnya, sebutan untuk ketua kelas adalah ‘Pearisena Pradana’ dan diganti setiap satu minggu sekali. Hal itu dilakukan untuk melatih jiwa kepemimpinan para murid. 

SMA Kolase De Britto, Yogyakarta

Berbeda dengan sebelumnya, sekolah ini justru tidak memiliki aturan terkait rambut para siswa. Para siswa sekolah ini justru memperbolehkan rambut gondrong asal memiliki nilai rata-rata di atas 80. 

"Syaratnya nilai rata-rata harus di atas 80 untuk saat ini, dan untuk semester depan hingga seterusnya naik jadi 85 dan nilai sikap harus bagus," kata Timothy, salah satu murid Pangudi Luhur, Jakarta mengutip Kumparan. 

SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar

Dikenal sebagai sekolah dengan tingkat religius  yang tinggi, kehidupan di sekolah ini kental dengan ajaran Islam. Hal itu terbukti dari kewajiban membaca Asmaul Husna sebelum memasuki kelas. 

Sekolah Taruna Nusantara

Berbasis semi-militer, sekolah yang satu ini memiliki peraturan yang ketat. Para siswa SMA ini pun mempelajari wawasan kebangsaan, bela negara, hingga melatih fisik para siswa. Tak heran, keberhasilan lulusan SMA ini diterima di TNI dan Polri mencapai 27%. 

“Kita utamakan fisiknya harus sehat dan kuat, jangan mengidap penyakit asma, jantung, tidak berkacamata dan tinggi badan serta beratnya harus ideal seperti TNI dan Polri, kita juga utamakan kedisiplinan yang mana diadakan apel pagi, siang dan malam untuk siswa,” tutur Ketua Yayasan SMA Taruna Indonesia, Zulkari Wffendi mengutip Swarnanews pada Rabu (28/09/2022). 

Sanggar Anak Alam di Yogyakarta

Tempat belajar satu ini memiliki gagasan awal bahwa untuk pendidikan tidak dilakukan hanya di ruang kelas antara guru dan siswa.

Maka, Sanggar ini memutuskan untuk turut berpartisipasi dalam membangun relasi dengan orang tua murid dan lingkungan setempat. Proses belajar tersebut merupakan gerakan untuk menemukan nilai-nilai serta pemahaman hidup yang lebih baik sebagai hakikat dari Sekolah Kehidupan.

Sekolah lo punya hal unik juga enggak kawula Muda? By the way, Prambors akan ada event cerdas cermat antar SMA, loh, Mangkal on Skul Battle of Putih Abu-Abu yang akan tayang di on air dan bisa dapat hadiah jutaan rupiah.

Stay tune terus ya di Prambors, siapa tahu lo bisa wakilkan sekolah lo di Mangkal on Skul!

Berita Lainnya