Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk Cegah Polusi Udara di Dalam Ruangan

Penting untuk punya!

Rekomendasi air purifier terbaik untuk polusi udara di dalam ruangan yang buat kesehatan menurun (SHUTTERSTOCK)
Mon, 14 Aug 2023

Kualitas udara di Jakarta sedang tidak baik-baik saja dan membahayakan kesehatan masyarakat.

Diketahui, kualitas udara di Jakarta memburuk akhir-akhir ini akibat polusi udara yang parah. Bahkan, hampir satu minggu Jakarta menjadi kota ‘beracun’ dan menduduki peringkat atas sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Kualitas udara di Jakarta jauh melewati ambang batas panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hingga saat ini, ratusan ribu warga Jakarta sudah terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat polusi udara. Bahkan, akhir-akhir ini banyak mengeluhkan kondisi tubuh mereka menurun akibat polusi udara. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi polusi udara di Jakarta adalah menggunakan  air purifier atau pemurnian udara di dalam ruangan.

Apa Itu Air Purifier yang Bisa Bersihkan Udara dari Polusi?

Ilustrasi air purifier. Simak manfaat dan kegunaan air purifier beserta rekomendasinya (ANTARA FOTO)

Polusi udara diketahui menjadi penyebab kematian dini paling tinggi di dunia. Bahkan, jika seseorang sudah terkena polusi udara secara akut, fungsi paru-paru manusia disebut tidak akan bisa kembali seperti semula. Polusi udara juga akan memengaruhi kesehatan jantung.

Tidak hanya harus membatasi kegiatan di luar ruangan, udara kotor nan beracun juga bisa ditemukan di dalam ruangan loh, Kawula Muda.

Air purifier merupakan mesin elektronik yang mampu membersihkan udara dari partikel atau zat-zat berbahaya yang ada di dalam ruangan. Dengan menyaring partikel halus, mesin air purifier bisa membantu mengurangi polusi udara dan mencegah masalah kesehatan paru-paru. 

Melansir Halodoc, air purifier dengan filter high-efficiency particulate absorbing (HEPA) mampu menangkap partikel yang sangat halus dan membersihkan 99,97 persen partikel di udara. Udara bersih ini bisa mengurangi potensi efek negatif polusi.

Tidak hanya sebagai pembersih udara dari bakteri dan virus, berikut manfaat air purifier lainnya untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah alergi

2. Mencegah kambuhnya asma

3. Mengurangi risiko penularan penyakit

4. Menghilangkan aroma menyengat

5. Menurunkan risiko terjadinya penyakit paru

6. Menghilangkan bahan kimia berbahaya

7. Meningkatkan kualitas tidur

8. Menghapus radon atau gas berbahaya

9. Dapat meningkatkan kualitas hidup

10. Mengurangi jamur, meningkatkan kesehatan jantung, dan tekanan darah.

Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk Polusi

Ada beberapa jenis dan tipe air purifier yang bisa Kawula Muda pilih untuk mengurangi dampak polusi udara saat ini.

Kawula Muda bisa memilih air purifier terbaik sesuai dengan kebutuhan Kawula Muda. Sebagai catatan, lo harus memperhatikan kegunaan dan juga fungsi air purifier. Apakah sudah menggunakan filter sesuai standar atau belum.

1. Air Purifier 

Air purifier berfungsi menyaring polusi udara dan baik bagi kesehatan (SHUTTERSTOCK)

Tipe yang satu ini murni berfungsi sebagai penyaring udara. Air purifier dilengkapi dengan filter atau penyaring yang biasanya harus diganti secara berkala.

Pilihlah air purifier dengan tingkat HEPA yang tinggi agar bisa berfungsi maksimal.

Air purifier juga memiliki jangkauan ruangan tertentu. Oleh karena itu, penting untuk memilih air purifier sesuai dengan luas ruangan lo, Kawula Muda.

Tidak hanya itu, air purifier juga harus selalu dicolok di listrik. Pilihlah air purifier dengan listrik yang rendah namun tetap memiliki tingkat penyaringan tinggi.

Saat ini, air purifier juga semakin canggih. Pasalnya, beberapa air purifier bisa menggunakan timer, menunjukkan kadar kualitas udara, hingga tersambung dengan handphone.

2. Portable Air Purifier 

Ilustrasi portable air purifier yang cocok dibawa ke mana saja (AMAZON)

Tipe air purifier yang satu ini cocok untuk Kawula Muda dengan mobilitas tinggi.

Keunggulan air purifier yang satu ini sangat banyak, loh. Selain praktis dan mudah dibawa karena bentuknya yang kecil, portable air purifier juga bisa digunakan dalam berbagai situasi. Misalnya, di mobil, ruangan rapat yang kecil, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, saat ini banyak portable air purifier yang bisa digunakan tanpa kabel dan memiliki kekuatan baterai yang lumayan kuat.

Perlu diingat, air purifier portable hanya bisa meng-cover udara di sekitar satu orang saja, tidak untuk banyak orang.

Untuk itu, tetap perlu memiliki portable air purifier!

3. Air Purifier Multifungsi

Ilustrasi air purifier dengan berbagai kegunaan (SHUTTERSTOCK)

Selain tersedia dalam berbagai merek dan jenis, saat ini air purifier tidak hanya digunakan sebagai penyaring atau pemurnian udara.

Pasalnya, beberapa merek menawarkan air purifier multifungsi yang sekaligus berguna sebagai pendingin ruangan, menjaga kelembaban udara di batas normal, hingga menggunakan teknik UV untuk sterilisasi.

Kawula Muda, itulah rekomendasi air purifier untuk kondisi udara buruk saat ini. Pastikan membeli air purifier untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.

Jika belum berkesempatan membeli air purifier, Ketua Bidang Redaksi Majalah Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Dr dr Feni Fitriani Taufik, Sp. PKR, Subps. PKL, M.Pd.Ked. menyarankan untuk menggunakan kipas angin khusus exhaust fan

Kipas angin tersebut bekerja dengan menyegarkan udara kotor di dalam ruangan dan menggantinya dengan udara bersih, melansir Liputan 6.

Meski begitu, tentu manfaatnya tidak sebaik air purifier, Kawula Muda!

Berita Lainnya