Rekomendasi Olahraga Mudah Sambil Tiduran untuk Kaum Rebahan

Supaya lo gak cuman guling-guling di kasur, Kawula Muda!

Ilustrasi tertidur. (PEXELS)
Sat, 27 Aug 2022

Berdasarkan berbagai penelitian, olahraga terbukti memiliki banyak manfaat. Beberapa jenis olahraga yang kerap menjadi pilihan yakni sepak bola, basket, lari, hingga senam aerobik.

Namun, berbagai olahraga tersebut terkadang membutuhkan banyak energi dan wilayah olahraga yang luas. Padahal, tidak semua orang memiliki energi untuk terbangun dari kasur maupun memiliki area yang memadai. 

Lantas, bagaimana dengan ‘kaum rebahan’ yang ingin tetap sehat, tetapi malas untuk terbangun dari kasur? Berikut beberapa rekomendasi olahraga yang tetap dapat lo lakukan dari atas kasur, ya Kawula Muda!

Jackknife Sit-Up 

Jackknife Sit Up (fitnessvolt.com)

 

 

Dengan merebahkan tubuh di atas kasur tanpa bantal, gerakan ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk Kawula Muda! Adapun cara melakukan gerakan ini yakni dengan meletakan kaki dan tangan sejajar dengan badan, mengangkat kaki secara tegak lurus, kemudian menurunkan kembali kaki tersebut tanpa menyentuh kasur. 

Mengayuh

Gerakan mengayuh (HIPWEE)

 

Masih dapat dilakukan dengan berbaring, gerakan seperti mengayuh sepeda juga dapat menjadi olahraga kaum rebahan. Adapun gerakan ini dapat dilakukan dengan mengangkat kaki dan langsung melakukan gerakan mengayuh selama 30 detik.

Tengkurap

Ilustrasi tengkurap (BEAUTYNESIA)

 

Menyerupai bayi yang kerap tengkurap, gerakan ini juga dapat dilakukan dengan mudah dari atas kasur. Adapun gerakan ini dapat dilakukan dengan meletakan telapak tangan di atas kasur, kemudian mengangkat tubuh bagian atas mulai dari perut hingga kepala. 

Yoga

Ilustrasi yoga (iSTOCK)

  

Dengan berbagai teknik yang menjadi bagian dari yoga, olahraga ini lebih mengutamakan teknik peregangan, pernapasan, kelenturan, serta keseimbangan tubuh. Adapun tujuan dari olahraga ini adalah mencapai keselarasan antara jiwa, emosi, spiritualitas, dan tubuh. Karena itulah, yoga dapat dilakukan di berbagai tempat, termasuk di atas kasur. 

Thin Side Wais

Ilustrasi Thin Side Wais (PIXABAY)

 

Merupakan gerakan latihan memperkuat otot, gerakan ini juga dapat dilakukan ketika berbaring. Cukup miringkan badan lo ke samping dan angkat tubuh ke salah satu sisi sembari menopang kepala dengan lengan. Selain itu, silakan buka kaki ke arah atas dengan gerakan naik dan turun secara perlahan. 

Dari berbagai gerakan tersebut, mana yang lo pilih untuk olahraga setiap pagi?

Berita Lainnya