Sering Salah Arti, Ini Perbedaan Es Krim dan Gelato

Lebih sehat es krim atau gelato, yaa?

Ilustrasi gelato (FOOD NETWORK)
Fri, 30 Sep 2022


Siapa yang di sini suka sama es krim? Kayaknya banyak orang yang menggandrungi makanan dingin, ini yaa. Ada juga es krim yang serupa dengan nama gelato. Tapi, Kawula Muda tahu enggak, kalau es krim dan gelato itu berbeda, loh!

Es krim dan gelato bisa juga disajikan dengan cone. Keduanya terlihat mirip, namun yang beda adalah suhu saat disajikan. Es krim disajikan dengan suku yang cukup dingin, dengan tekstur yang ringan.

Sedangkan gelato tidak disajikan dengan pada suhu yang sama dengan es krim. Gelato biasanya disajikan 15 derajat lebih hangat dibandingkan es krim. Pasalnya, jika suhu terlalu dingin, maka teksturnya akan jadi terlalu keras dan kurang elastis.

Untuk kadar lemak, es krim dan gelato juga punya. Akan tetapi, gelato lebih banyak mengandung susu daripada krim, dan gelato umumnya tidak mengandung kuning telur. Sedangkan es krim mengandung kuning telur, lebih banyak krim, dan lebih sedikit susu.

Ilustrasi es krim (iSTOCK)

Lebih Sehat Gelato atau Es krim?

Melansir dari Hello Sehat, Jumat (29/09/2022), gelato tampak mengandung lemak yang lebih sedikit daripada es krim. Sementara kandungan lemak pada es krim cenderung lebih banyak dari gelato. 

Rata-rata es krim bisa mengandung 14-17 persen lemak. Dalam takaran yang sama, gelato mengandung sekitar 8 persen lemak.

Kandungan lemak yang lebih tinggi pada es krim itulah yang memengaruhi nilai kalorinya. Jika dilihat dari perbandingan tersebut, es krim mengandung kalori lebih tinggi dibandingkan dengan gelato.

Tapi, ini semua tergantung ukuran porsi yang Kawula Muda konsumsi, ya. Kalau lo makan gelato dalam porsi besar, pastinya kadar lemak dan kalorinya juga akan tinggi.

Dikarenakan suhu penyajiannya, es krim juga lebih tinggi gula dibandingkan dengan gelato, loh. Suhu yang dingin akan menyamarkan rasa, termasuk rasa manis.

Semoga bermanfaat, Kawula Muda.

Berita Lainnya