Sering Unggah Foto Gelap Pertanda Stres, Begini Cara Lihat Personalitas dari Profil Picture

Foto yang lo unggah di media sosial itu ternyata bisa menebak pribadi lo!

Mengenal personalitas seseorang lewat unggahan di media sosial (SOCIAL SIPPER STUDIO)
Mon, 20 Mar 2023


Adanya media sosial membuat kita menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi dengan seseorang tanpa harus bertemu secara langsung. Melalui kemudahan inilah, kita bisa menghubungi kerabat di seluruh dunia.

Di media sosial pun, bisa mengetahui perilaku di dunia maya tentang kepribadian, loh Kawula Muda, misalnya dengan melihat pemilik akun media sosial lewat foto-foto atau profil picture yang diunggah ke akun pribadi mereka.

Melansir dari berbagai sumber, Senin (20/03/2023), berikut adalah arti dari setiap gambar profil di media sosial menurut ahli:

Mengenal personalitas seseorang lewat unggahan di media sosial (DESTY PAGE)

1. Foto dengan warna gelap

Menggunakan tone atau warna gelap yang artistik di media sosialmu bisa menggambarkan diri lo yang lagi stres.

Dalam laman Social Media Psychology, hasil dari studi yang dilakukan di Universitas Harvard dan Universitas Vermont menunjukkan bahwa mengunggah foto monokromatik gelap bisa menjadi tanda depresi.

Berdasarkan data Instagram dari 166 individu mengungkapkan bahwa mereka yang depresi cenderung mengunggah foto yang lebih biru, lebih abu-abu, dan lebih gelap di platform media sosial mereka.

2. Sering mengubah foto profil

Psikolog bernama Amool Ranjan berdasarkan India Times mengatakan, orang-orang yang terus mengubah foto profil adalah mereka yang merasa tidak aman, kurang percaya diri, dan sering kali sangat sembrono dalam mengambil keputusan.

"Orang-orang seperti itu juga ditemukan curiga dan tidak mudah mempercayai orang lain," katanya.

“Sifat ini menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami krisis identitas dan sebenarnya ingin mengeksplorasi dirinya dalam pandangan orang lain. Mereka juga pencari perhatian."

3. Foto bersama selebritas

Selanjutnya adalah foto bersama selebritas yakni orang yang tidak memiliki rasa beban. Mereka senang mengidolakan orang lain dan tidak percaya diri dan sering mencari pendapat orang lain.

"Biasanya dunia orang-orang seperti itu sangat terbatas. Dengan mengunggah foto orang lain, mereka merasa diperhatikan. Mereka adalah pemimpi dan suka tetap berada di dunia fantasi," katanya.

4. Foto dengan seni gotik

“Orang-orang seperti itu rumit dan misterius. Sangat sulit untuk memahami mereka dan itulah yang mereka nikmati. Mereka juga suka untuk mencoba menyelesaikan masalah mereka sendiri," kata Ranjan.

Walau demikian, mereka sering mengumpat dari kondisi yang sesungguhnya. Bisa saja mereka merasa tidak nyaman dan mengkhawatirkan penampilan fisik mereka.

5. Sering mengunggah foto mesra

Bukannya terlihat sedang baik-baik saja dalam hubungan asmara mereka, orang dengan tipe yang sering mengunggah foto mesra malah sedang tidak aman dalam hubungan mereka.

"Mereka menderita kompleks inferioritas. Untuk menyembunyikannya, mereka berusaha lebih ekspresif,” kata Ranjan.

“Perilaku ini menunjukkan ketidakdewasaan dan dorongan untuk mencari perhatian. Orang-orang seperti itu kurang percaya diri dan hampir tidak bisa dipercaya dalam hubungan."

Kawula Muda, dari berbagai arti setiap foto di media sosial, lo tipe yang mana nih?

Berita Lainnya