Studi: Makan Anggur Secara Teratur Bikin Panjang Umur sampai 5 Tahun

Buah anggur memang enak!

Memakan buah anggur akan memperpanjang umur menurut penelitian (UNSPLASH)
Thu, 03 Aug 2023

Salah satu buah yang banyak disukai adalah anggur. Selain lezat jika dimakan secara langsung, buah anggur juga diolah menjadi berbagai macam sajian yang enak.

Tidak hanya enak, anggur juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh loh, Kawula Muda. Bahkan, dalam studi komprehensif yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Foods, manfaat buah anggur juga disebut akan membantu hidup menjadi lebih lama atau panjang umur.

Studi yang dipimpin oleh Dr. John Pezzuto dari Western New England University memperkirakan orang-orang dapat menikmati hidup 4-5 tahun lebih lama jika mereka mulai makan anggur secara teratur.

Ilustrasi anggur hijau. Buah anggur disebut bisa memperpanjang umur (UNSPLASH)

Dengan menambahkan anggur sebanyak dua cangkir ke dalam diet harian, anggur bisa mengurangi risiko lemak hati, meningkatkan kadar gen antioksidan, dan memperpanjang umur.

"Kita semua pernah mendengar pepatah 'kamu adalah apa yang kamu makan' yang jelas benar karena kita semua mulai sebagai janin dan berakhir menjadi dewasa dengan makan makanan. Tapi penelitian ini menambah dimensi yang sama sekali baru pada pepatah lama itu,” ujar Dr. John.

“Tidak hanya makanan yang diubah menjadi bagian tubuh kita, tetapi seperti yang ditunjukkan oleh pekerjaan kita dengan anggur diet, itu benar-benar mengubah ekspresi genetik kita. Itu benar-benar luar biasa."

Perubahan genetik yang dimaksud oleh Dr. John adalah gen yang menyebabkan lemak hati dan mengakibatkan efek yang tidak diinginkan, seperti kanker hati dapat dicegah pertumbuhannya dengan mengonsumsi anggur.

Tubuh yang mengonsumsi anggur pun akan mengubah gen tersebut menjadi menguntungkan, seperti yang ditambahkan oleh penelitian dalam jurnal Food & Function.

Anggur tidak hanya akan mengubah ekspresi gen yang buruk bagi kesehatan menjadi menguntungkan, namun juga mengubah metabolisme menjadi lebih baik, Kawula Muda.

Anggur diketahui mengandung berbagai antioksidan yang tinggi dan baik bagi tubuh, seperti resveratrol, quercetin, dan antosianin, sehingga buah ini bersifat anti inflamasi untuk mengurangi peradangan.

Ilustrasi buah anggur yang dipercaya bisa memperpanjang umur seseorang (UNSPLASH)

Buah anggur dapat membantu melawan radikal bebas dan menurunkan stres oksidatif yang membantu menjaga sel-sel DNA di dalam tubuh tetap sehat dan membuat hidup lebih lama.

Tidak hanya itu, menurut jurnal Antioxidants, anggur juga dapat mengubah ekspresi gen di otak yang menunda kematian alami.

Sebagai catatan, konsumsi anggur yang disarankan dalam penelitian ini adalah memakan buah anggur secara langsung tanpa diolah sebelumnya. Karena menurut para peneliti, mengonsumsi suplemen atau zat anggur tambahan tidak akan mencukupi kebutuhan konsumsi antioksidan harian.

Memasukkan buah anggur sebanyak dua cangkir dengan kombinasi diet yang sehat dipercaya dapat membantu memperpanjang umur.

Berita Lainnya